Hedi Marlian Kades Telatang :” SDGs Desa Wujudkan Desa Tanpa Kemiskinan”

Senin, 10-Mei-2021, 19:22


Lahatonline.com, Telatang – Hari ini para relawan SDGs Desa Telatang Kecamatan Merapi Barat Kabupaten Lahat bergerak serentak melakukan pendataan kesetiap warga.

Dijelaskan oleh Hedi Marlian Kepala Desa Telatang SDGs Desa adalah upaya terpadu mewujudkan Desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, Desa ekonomi tumbuh merata, Desa peduli kesehatan, Desa peduli lingkungan, Desa peduli pendidikan, Desa ramah perempuan, Desa berjejaring, dan Desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

“Dalam bahasa kerennya Sustainable Development Goals disingkat SDGs. SDGs Desa merupakan role pembangunan berkelanjutan yang akan masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2021” Ungkap Hedi Marlian, Senin (10/05/21).

Dilanjutkan Hedi Marlian, sebelum melakukan pendataan terlebih dahulu diadakan rapat bersama tim relawan SDGs desa Telatang.

Kemudian, Kata Hedi Marlian tujuan dan sasaran SDGs ini ialah dalam mensejahterakan masyarakat.

“Kita Merujuk dari Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021, setidaknya ada 18 tujuan dan sasaran pembangunan melalui SDGs Desa tersebut, yaitu Desa tanpa kemiskinan,
Desa tanpa kelaparan, Desa sehat dan sejahtera
Pendidikan desa berkualitas, Desa berkesetaraan gender, Desa layak air bersih dan sanitasi,
Desa yang berenergi bersih dan terbarukan, Pekerjaan dan pertumbuhan ekonomi desa, Inovasi dan infrastruktur desa,Desa tanpa kesenjangan” Jelas Kepala Desa yang dikenal ramah oleh warganya ini.

Upaya pencapaian SDGs desa dalam situasi dan kondisi Pandemi COVID-19 tidaklah mudah, karena itulah, penggunaan dana desa 2021 diprioritaskan untuk membiayai kegiatan yang mendukung pencapaian 10 (sepuluh) SDGs desa yang berkaitan dengan kegiatan pemulihan ekonomi nasional, program prioritas nasional, dan adaptasi kebiasaan baru desa, Tutupnya.

Terpantau awak media, terlihat kekompakan serta kerja sama yang baik dari relawan SDGs Desa Telatang serta masyarakat menyambut hangat kedatangan tim relawan.

Dias

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT

LAHAT - Selasa, 16-April-2024 - 18:21

Polres Lahat Gelar Halal Bihalal

selengkapnya..

TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

MULAK ULU - Minggu, 14-April-2024 - 09:00

PENOMENA MISTIS TEBAT BESAK LAWANG AGUNG

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater