Temuan Situs Megalith Terbaru 2021, Mario: “Nisan Kuno Di Muara Cawang Lahat Selatan”

Kamis, 6-Mei-2021, 20:03


Lahatonline.com, MUARA CAWANG – Sinergisitas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lahat bersama Lembaga Kebudayaan dan Pariwisata Panoramic of Lahat terlihat semakin meningkat dari waktu ke waktu. Sebelumnya kedua pihak ini selalu merespon laporan warga terkait adanya temuan peninggalan warisan budaya benda berupa warisan budaya benda dan warisan budaya tak benda.

Daerah yang saat ini bernama kecamatan Lahat Selatan dengan desa-desanya seperti Talang Sejemput, Talang Sawah, Kerung, Muara Cawang pada awalnya adalah 8 dusun yaitu Talang Sejemput, Kapitan, Kerung Lame, Talang Sawah, Lempadan, Padang Lengkuas, Muara Bemban dan Bantunan.

Kali ini walaupun dalam suasana bulan Ramadhan 1442 Hijriah tahun 2021 tidak mengurangi semangat untuk terus menggali kebudayaan yang ada di kabupaten Lahat.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lahat Drs. Suhirdin, MM melalui Kepala Bidang Kebudayaan Bambang Aprianto, SH, MM dan staf Bidang Kebudayaan bersama Ketua Panoramic of Lahat yang sekaligus Staf Khusus Bupati Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada Kamis, 6 April 2021 langsung menuju lokasi laporan warga desa Muara Cawang Kecamatan Lahat Selatan.

Pada awalnya warga desa yang bernama H. Muhammad Juni melaporkan adanya nisan kuno berelief pahatan di kebun milik keluarga.

“Setelah kami berada di desa Muara Cawang yang berjarak 9 km atau 20 menit dari pusat kota Lahat ternyata kami melihat adanya peninggalan budaya masa megalitik. Pertama kami melihat seonggok batu besar dan ditengahnya terdapat sebuah lubang besar dengan ukuran 34 cm dan dalam 46 cm, batu ini dapat kami identifikasi sebagai lumpang batu dan menurut cerita H. Muhammad Juni tak jauh dari lumpang batu ini sekitar 5 m ada batu datar dan arca berbentuk kerbau akan tetapi kedua benda tersebut telah ditimbun dan diatasnya telah berdiri rumah beton permanen” tutur Mario Stafsus Bupati Lahat.

Lanjutnya, sekitar 20 M dari lumpang batu juga ada 2 onggok batu yang biasa disebut trilith atau batu formasi 3. Tetapi sangat disayangkan keduanya telah hilang karena batunya dijadikan untuk membangun rumah.

Selanjutnya kami menuju 2 nisan kuno berelief yang diceritakan dari awal oleh H. Muhammad Juni. Ketika kami berada di belakang bangunan PAUD kami temukan batu megalit yang kami identifikasi sebagai bakal lumpang batu karena batu datar ini sudah terlihat pahatan sepertinya bakal lumpang batu lalu sekitar 5 meter dari bakal lumpang batu kami temukan lagi nisan batu yang tergeletak.

Kemudian Kata Mario, kami menuju nisan kuno berelief yang berjarak sekitar 20 m dari lumpang batu. Ada 2 nisan kuno berelief yang berada lebih tinggi dari dataran disekitarnya jadi seperti punden. Kedua nisan berelief pada kedua sisinya dan motif dari kedua nisan inipun berbeda dan yang lebih mengejutkan kami motif ini berbeda dengan motif nisan berelief yang pernah kami temukan sebelumnya.
Tak jauh dari nisan berelief ini juga ada 2 monolit.

Ketika hendak meninggalkan area nisan kami melihat satu batu nisan di antara semak belukar kemudian kami bersihkan ternyata ada 6 batu nisan berbentuk menhir.

H. Muhammad Juni masih mengajak kami untuk melihat batuan lainnya ternyata masih ada lagi 1 trilith di tepi jalan setapak dan 1 batu datar di dalam semak belukar.
Kami yang selama ini telah beberapa kali berkunjung ke desa ini tetapi tidak mendapatkan informasi terkait adanya peninggalan warisan budaya.

Hari ini walaupun ditengah puasa ramadhan dihari nan terik tidak menyurutkan niat kami menguak warisan budaya bangsa Indonesia yang berada di desa Muara Cawang kecamatan Lahat Selatan kabupaten Lahat, salam budaya, ayo wisata ke Lahat, Lahat Bercahaya, tutupnya.

Dias

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT

LAHAT - Selasa, 16-April-2024 - 18:21

Polres Lahat Gelar Halal Bihalal

selengkapnya..

TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

MULAK ULU - Minggu, 14-April-2024 - 09:00

PENOMENA MISTIS TEBAT BESAK LAWANG AGUNG

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater