SI JAGO MERAH, MENGELIAT DI LAHAT TENGAH, BUPATI LAHAT PERINTAHKAN BANTU

Kamis, 6-Mei-2021, 14:58


Lahat Tengah – Rumah permanen dua tingkat di jalan poros Lahat – Pagar Alam, dihuni oleh Keluarga Zulkarnain (45) bersebelahan dengan rumah Riski Mario (41) di Kelurahan Lahat Tengah RT.03 / Rw.01 Kecamatan Lahat Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan, hangus terbakar, Rabu (05/05/2021) sekitar pukul 18.50 WIB. Tidak ada korban dalam kejadian tersebut, namum untuk kerugian 2 (dua) rumah tersebut ditaksir mencapai Rp 475.- juta.

Anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Dinas Sosial Kabupaten Lahat Tedy membenarkan peristiwa itu. Diduga api berasal dari korsleting listrik.

“Jadi pemiliknya sedang asyik menikmati santapan Buka Puasa dan Makan malam berjamaah”, warga melihat api tiba-tiba membesar terlihat dari atas atap rumah pak Zulkarnain,” ujar Tedy, saat dikonfirmasi.

Warga yang melihat kejadian itu langsung mencoba memadamkan api dengan alat seadanya juga menggunakan Mesin Jenset atau water pump fire milik warga, selang beberapa menit. Api berhasil dipadamkan, berkat kesiap-siagaan Damkar, BPBD, Dinsos, serta bantuan Water Cannon milik Polres Lahat di lokasi kejadian, namun apa daya si Jago Merah lebih kuat mengeliat menghanguskan dan membakar bagian atap bangunan hingga sebagian isi rumah ludes, beruntung hanya 2 (dua) rumah ludes terbakar dalam satu komplek bangunan rumah tersebut.

Dalam kejadian tersebut, ikut juga manghanguskan Padi dan Beras yang baru saja usai dipanen sebanyak 1 (satu) Ton atau 1.000 Kg beras, 2 suku emas, Uang Kertas Juta rupiah dan Surat surat atau Dokumen berharga lainnya. Yang tersisa hanya puing puing bangunan rumah saja. Kerugian ditaksir mencapai Rp 475 juta lebih ,” ucapnya.

Warga bersama Pemerintah Kelurahan RT/RW setempat, TAGANA dan aparat lainnya kini membantu membersihkan material rumah yang terbakar. Sementara pemilik rumah serta anggota keluarganya berjumlah 8 orang untuk sementara mengungsi ke rumah kerabatnya yang terdekat. Sempat Jalan Macet Total dan Listrik Padam.

Tedy Anggota Tagana atas nama Korlap mengimbau kepada masyarakat untuk memeriksa jaringan listrik yang berada di atap rumah, terutama kondisinya sudah lama. Agar tidak terjadi kebakaran akibat korsleting listrik pada jaringan.

Sementara itu Bupati Lahat, melalui Kepala Dinas Sosial Ekman Mulyadi, S.Sos didampingi Kabid Linjamsos Redy Septerson,SE,.MM menyerahkan bantuan musibah kebakaran Tanggap Darurat Bencana Sosial terjadi di Lahat tengah Kamis (06-05-2021) berupa Sembako beras, Mei Instans, Baju baik dalaman maupun luar, sarung, Buku dan baju sekolah serta alat sekolah lainnya, Panci, Kuali ditambah Pakain layak pakai yang masih bagus.

Bantuan tersebut diterima langsung oleh Rizki Mario didampingi oleh Lurah Lahat Tengah Hasbullah, SIP. Bupati Lahat Lahat melalui Kadisos Lahat Ekman menyampaikan pesan kepada ahli musibah agar tetap bersabar dan belajar untuk ikhlas terhadap kejadian musibah kebakaran tersebut, karna harta yang kita dapat dari Allah akan kembali kepada Allah juga pada akhirnya.

Ekman juga berpesan agar kita semua terutama di bulan romadhan ini terutama orang tua agar dapat menjaga anak anak kita untuk tidak sembarangan tempat main percon dan kembang api, dikhawatirkan dapat juga memicu terjadinya bencana sosial lainnya.

Sementara Untuk bantuan dan santunan berupa dana keuangan dari bupati masih dalam proses Dinsos lahat

(*Rds/555)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN

LAHAT - Rabu, 27-Maret-2024 - 17:54

Guru Penggerak Terus Bertambah 

selengkapnya..

PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater