Desa Mandi Angin Dan Desa Darmo, Ikuti Pembekalan SDGS

Selasa, 4-Mei-2021, 10:06



MANDI ANGIN – Untuk pemutakhiran data perkembangan desa secara mikro sehingga dapat memberikan informasi lebih banyak dengan melakukan pendalaman informasi sampai dengan jenjang individu warga desa, Tenaga Ahli dan Pendamping Desa Program Pembangunan dan Pemberdayaan, Pemerintah Desa Mandi Angin menggelar pembekalan Pokja Relawan Pendataan Sustainable Development Goals (SDGs) Desa.

Peserta pembekalan ini diikuti 2 Desa yaitu, Desa Mandi Angin dan Desa Darmo, Kecamatan Gumay Talang, Kabupaten Lahat dilakukan di aula pertemuan kantor Desa Mandi Angin ini dihadiri oleh Pendamping Desa Dedi Fransisco, Selasa, (05/04/2021).

Menurut Pendamping Desa Dedi Fransisco, landasan kegiatan pendataan ini Perpres 59 tahun 2017 tentang Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, Permendagri 20 tahun 2018 tentang Pembinaan Pengelolaan Dana Desa, Permenkeu 222/PMK.07/2020 tentang Pengelolaan Dana Desa, Permendesa 13 tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa, Peraturan Bupati Lahat tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Penggunaan Dana Desa 2021.

“Kegiatan pembekalan diharapkan mampu menjadi bagian penting dalam menunjang pelaksanaan dan penyelesaian kegiatan. Hal-hal yang dibahas dalam pertemuan terkait teknis pendataan, sasaran, teknis pengisian quisioner.

Sedangkan untuk batas waktu penyelesaian pendataan 1 Maret sampai dengan 31 Mei 2021. Kegiatan pendataan ini berlaku secara nasional di seluruh desa di Indonesia,” katanya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, manfaat hasil pendataan agar dapat menjadi bagian penyumbang data dan informasi dalam penyusunan kebijakan perencanaam pembangunan baik pusat, daerah, dan desa itu sendiri. “Hal ini juga selaras dengan arah dan sasaran pemerintah daerah yang tertuang dalam RKPD tahun 2022 Kabupaten Lahat dalam indeks desa membangun,” lanjutnya.

Sementara itu, Kades Mandi Angin Belly mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik diadakannya pembekalan ini. Dirinya juga menyampaikan bahwa pihak Pemerintah Desa akan membantu proses pembekalan maupun pendataan agar berjalan dengan baik.

“Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik. Sehingga dapat bermanfaat untuk masyarakat desa Mandi Angin dan Desa Darmo membantu proses agar berjalan dengan baik,” pungkasnya (Benz Tahrim)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT - Senin, 06-Desember-2021 - 17:59

Polres Lahat Gelar Simulasi Sispam Kota

selengkapnya..

TANJUNG TEBAT - Senin, 06-Desember-2021 - 15:15

ADA APA, OSIS SMP NEGERI 2 MU KE TALANG GEREMBU

selengkapnya..

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater