0,75 Ha Lahan Kebun Sawit Milik PT Artha Prigel Ludes Terbakar

Selasa, 27-April-2021, 20:17


TANJUNG PAYANG – Bencana kebakaran kembali menerpa Kabupaten Lahat, namun, untuk yang kali ini, Lahan kebun sawit milik PT Arta Prigel divisi satu blok masuk wilayah Desa Tanjung Payang, Kecamatan Lahat Selatan Kabupaten Lahat.

Peristiwa terjadinya kebakaran tersebut, pada Selasa (27/04/2021) kemarin sekitar pukul 12.51 WIB, mengakibatkan Lahan milik PT Arta Prigel seluas lebih kurang 0,75 Ha dan pohon kelapa sawit yang hagus terbakar lebih kurang 80 pokok batang.

Beruntung dalam peristiwa itu, tidak sampai memakan korban jiwa. Untuk asal api sendiri, diduga berasal dari pontong rokok seseorang oknum yang tidak bertanggungjawab yang kebetulan melintas dilokasi kejadian. Dari kejadian yang ada, indikasi perusahaan mengalami kerugian mencapai belasan juta rupiah.

Humas PT Arta Prigel Yulius Rapli SP dikonfirmasi membenarkan, bahwasannya di Lahan milik PT Arta Prigel pada Selasa (27/04/2021) kemarin, telah terjadi kebakaran divisi satu blok 1 masuk wilayah Desa Tanjung Payang Kecamatan Lahat Selatan.

Akibat dari kobaran api tersebut, diakui Yulius, Lahan seluas kurang lebih 0,75 Ha ludes terbakar. Sedangkan, untuk pohon kelapa sawitnya lebih kurang 80 pokok batang habis dilalap si jago merah.

“Menurut informent kita yang ada dilapangan, kebakaran terjadi sekitar pukul 12.51 WIB, kobaran api dengan cepat melahap lokasi Lahan milik PT Arta Prigel. Sehingga, membakar Lahan seluas lebih kurang 0,75 Ha, dan pohon kelapa sawitnya lebih kurang 80 pokok batang hangus terbakar,” ujar Yulius Rapli.

Api berhasil dijinakkan, dijelaskannya, sekitar pukul 14.33 WIB, dan penyebab kebakaran dugaan sementara ini, diperkirakan dari puntung rokok. Karena, diareal TKP yang terbakar, merupakan jalan keluar masuk kebun.

“Untuk kerugian belum bisa kita katakan, namun, diduga kemungkinan bisa mencapai belasan juta. Areal ini terbakar, karena merupakan jalan keluar masuk kebun,” pungkasnya.

Sementara, Kasat Pol-PP, Linmas, dan Damkar Pemkab Lahat Fauzan Khoiri Denin AP MM menegaskan, usai menerima laporan dari warga sekitar jam 13.30 WIB, dengan lokasi titik api di areal Lahan kebun sawit milik perusahaan PT Arta Prigel yang berlokasi di Desa Tanjung Payang Kecamatan Lahat Selatan Kabupaten Lahat.

Untuk petugas yang diterjunkan guna memadamkan api dilokasi Lahan sawit milik PT Arta Prigel menurut Fauzan, satu (1) unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) dengan 15 personil, dan satu (1) unit mobil milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Lahat dibantu 10 personil.

“Selain puluhan personil kita terjun kelokasi kejadian, sehingga, sekitar pukul 14.25 WIB, api dengan cepat kita padamkan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa yang ada, situasi aman dan terkendali,” tutup Fauzan. (Din)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

PAJAR BULAN - Selasa, 23-April-2024 - 09:10

Puskes Pajar Bulan, Gelar Re – Akreditasi 

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater