Warga Desa Indikat Ilir Keluhkan Pemadaman Listrik Tidak Pemberitahuan

Kamis, 1-April-2021, 17:08


ENDIKAT ILIR — Diduga kerapnya pemadaman listrik yang dilakukan oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN) akhir akhir ini, tanpa ada pemberitahuan membuat warga dusun V Desa Indikat Ilir Kecamatan Gumay Talang, Kabupaten Lahat, naik vital.

Pemadaman yang dilakukan oleh pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN) Rayon II Cabang Lembang Lahat, dimulai sejak sekitar pukul 09.00 WIB sampai dengan 14.48 WIB pemadaman tanpa pemberitahauan tersebut, masih terus berlangsung. Bahkan, warga yang ada, sempat sedikit kesal dan sangat kecewa sekali.

“Siapa yang tidak kesal dan emosi, kalau lagi mau bekerja tiba tiba listrik padam. Sehingga, harus menunda pekerjaan kami. Yang mana seharusnya diperkirakan sore nanti rampung dikerjakan,” ungkap Herman (49) warga dusun V Desa Indikat Ilir, Kecamatan Gumay Talang Lahat, pada Kamis (01/04/2021) kemarin.

Ia menjelaskan, alangkah baiknya kalau pihak PLN Rayon II Lembayung Lahat mengeluarkan surat seperti pemberitahuan. Untuk mengantisipasi agar masyarakat tidak kaget ketika Perusahaan Listrik Negara melakukan pemadaman secara mendadak.

“Minimal, kami tahu sehingga, tidak kaget lagi kali ada pemberitahuan. Walaupun pihak PLN Rayon II Cabang Lembayung Lahat dengan tiba tiba melakukan pemadaman listrik sejak pukul 09.00 WIB dan sampai sekarang tak kunjung hidup,” ujarnya dengan nada sedikit kesal.

Hal senada juga disampaikan Rudi warga Desa Indikat Ilir yang mengaku, dirinya sedikit kecewa dengan kinerja pihak PLN Rayon II Cabang Lembang Lahat yang belakangan ini, sering terjadi pemadaman listrik. Sehingga, berdampak pada aktifitas masyarakat.

“Seperti, yang membuka konter dan lainnya, sehingga, bisa membuat warga ataupun pembisnis merugi. Dalam sebulan ini, listrik didusun V Indikat Ilir kerap sekali padam, dan tanpa ada pemberitahuan yang jelas dari pihak PLN,” pungkas Rudi.

Manager PLN Rayon II Lembayung Cabang Lahat, Tarsili dibincangi mengatakan, bahwa pemadaman listrik didusun V Desa Indikat Ilir Kecamatan Gumay Talang Lahat sudah ada surat pemberitahuan maupun digrup.

“Surat tembusan terkait pemadaman listrik yang kita lakukan hari ini, untuk dusun V Desa Indikat Ilir sudah kami layangkan dengan kepala desa (Kades) setempat termasuk Kecamatan Gumay Talang Kabupaten Lahat,” ujar Tarsili dengan lantang.

Sementara, kepala desa (Kades) Indikat Ilir Kecamatan Gumay Talang Kabupaten Lahat Khairul Anwar membantah keras, kalau dirinya telah menerima surat tembusan pemberitahuan tentang pemadaman listrik hari ini.

“Mana suratnya, sampai sekarang kami selaku pemerintahan desa (Pemdes) Indikat Ilir Kecamatan Gumay Talang Lahat, tidak pernah menerima selembaran surat pemberitahan apalagi dari grup PLN atau lainnya,” cetus Kades.

Terpisah, Manager PLN UP3 Cabang Lahat Triyono dikonfirmasi, berdalih bahwasannya pemadaman yang dilakukan oleh pihaknya sudah ada pemberitahuan sebelumnya, baik Jadwal tebas bayang untuk dititik mana saja termasuk desa desa, di IG PLN sudah diumumkan.

Selain itu, diakui Triyono, tebas bayang yang dilakukan oleh pihaknya bertujuan, untuk mengantisipasi sambaran atau gangguan petir yang terjadi akhir akhir ini. Sehingga, kawan kawat terus fokus memasang alat antisipasi penyamaran petir.

“Bukan hanya melakukan pemasangan alat antisipasi petir saja, kawan kawan saat ini masih melaksanakan pembersihan pohon pohon, yang sifatnya akan menganggu kabel jaringan listrik,” tuturnya.

Tidak itu saja, Triyono juga menyarankan dan mengajak warga dapat menggunakan Aplikasi PLN Mobiel, dapat diunduh melalui Plasture sehingga dapat lebih cepat dan mengetahui info dari PLN khususnya jadwal tentang pemadaman listrik, titik titik mana saja, tanggal, bulan, jam.

“Dengan sudah mengunduh aplikasi PLN Mobiel ini, dapat mempermudah warga mengetahui tentang jadwal pemadaman listrik tersebut. Dan diinputkan Nomor ID pelanggan, mulai dari Gangguan akan ada pemberitahuan. Untuk itu terkait persoalan pemadaman listrik untuk Desa Indikat Ilir, akan saya koordinasikan dengan teman teman yang ada, karena kalau biasa biasanya sudah dilayangkan surat pemberitahuan oleh teman teman ke Kades setempat,” kilahnya seraya menambahkan, sekali kami dari pihak PLN Lahat menegaskan pemadaman dilakukan dikarenakan adanya perbaikan alat anti sambar petir dan juga dalam rangka menyambut bulan Suci Ramadhan tahun ini. (Din)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

PAJAR BULAN - Selasa, 23-April-2024 - 09:10

Puskes Pajar Bulan, Gelar Re – Akreditasi 

selengkapnya..

LAHAT - Selasa, 16-April-2024 - 18:21

Polres Lahat Gelar Halal Bihalal

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater