MUSDESSUS DESA GERAMAT BAHAS JUMLAH KPM BLT DANA DESA TAHUN 2021

Selasa, 2-Maret-2021, 15:38


GERAMAT – Menindaklanjuti surat edaran menteri Desa, Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi Repulik Indonesia tahun 2020 tentang Percepatan penyaluran blt dana Desa. hari ini pemerintah Desa Geramat bersama Badan Permusyawaratan Desa/bpd, lembaga adat serta tim relawan covid19 gelar musyawarah Desa Khusus. turut hadir Camat Mulak Ulu Elsye Hartuti S.STP. MM, Kasi Ekobang Omiati Amd serta staf.

Musdessus di awali dengan pembacaan doa di lanjutkan kata sambutan ketua bpd, kepala Desa Geramat, Camat Mulak Ulu, masing-masing menyampaikan arahan terkait dasar dan mekanisme penggunaan Dana Desa dan penetapan kpm bantuan langsung tunai/blt tahun 2021. Selasa (02/03/2021).

Dalam sambutannya ketua bpd Desa Geramat Agustian mengatakan,” untuk kita ketahui bersama blt dana Desa di peruntukan kepada keluarga penerima manpaat dampak pandemi virus corona. Dan untuk tahun 2021 status penanganan menjadi pemulihan, untuk itu sejalan dengan regulasi dan petunjuk pemerintah bahwa wajib di lakukan validasi dan finalisasi untuk jumlah kpm blt dana Desa tahun 2021. pada hari ini datanya sudah ada berjumlah 40 kpm, selanjutnya melalui forum musdessus ini akan di tetapkan menjadi data depinitif.

Kemudian kami anggota BPD Desa Geramat akan meningkatkan efektifitas kerja dan tupoksi, bpd selaku penyambung aspirasi masyarakat sekaligus mitra akan senantiasa mendukung program dan kerja pemerintah Desa. dengan harapan akan terbangun sinergi dan tata kelola pemerintahan yang baik serta pembangunan berjalan kondusif. demi peningkatan kesejahteraan dan ekonomi masyarakat,”

Hal terkait di tambahkan Sapuan Hariadi Kepala Desa Geramat,” musdessus hari ini untuk menetapkan keluarga penerima manpaat bantuan langsung tunai/blt dana Desa tahun anggaran 2021. mekanisme penetapan kpm sudah kita lakukan beberapa tahapan, di mulai pendataan perkadus oleh tim relawan covid dan di musyawarahkan melalui forum musdus kemudian data perkadus kita kumpulkan untuk di tetapkan di forum musdessus pada hari ini sebagai data akhir kpm blt dana Desa.

Semua proses pendataan sampai penetapan berdasarkan Permendes nomor 17 tahun 2020. Pemdes wajib mempalidasi data kpm dan totalnya berjumlah 40 kpm.

Sementara Camat Mulak Ulu Elsye Hartuti S.STP. MM mengatakan,” berdasarkan permendes daerah tertinggal dan transmigrasi Republik Indonesia nomor 17 tahun 2020, pemerintah desa wajib memvalidasi data kpm blt dana Desa, tujuannya agar masyarakat penerima blt sesuai kreteria yang tertuang dalam peraturan dan tepat sasaran. untuk di ketahui sekarang ini tahap pemulihan bukan lagi terdampak dari adanya vandemi covid19/corona virus yang menjadi bencana dunia dan bangsa.

Selain itu prioritas penggunaan dana Desa di bidang padat karya tunai, seperti pembangunan infrastruktur, ekonomi kreatif, pengembangan bumdes, usaha di bidang pariwisata. masyarakat Desa di libatkan langsung dalam mengelola dan menggali potensi yang ada. dengan target akan mendorong pendapatan Desa dan peningkatan ekonomi lokal serta peluang kerja untuk sdm yang ada di Desa,” tegasnya

Di kesempatan ini perlu saya himbau agar jaga sinergi antar elemen yang ada, ciptakan pemerintahan yang solid serta kondisi masyarakat yang kondusif. tetap waspada dan disiplin menjalankan protokol kesehatan/covid19 memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mobilitas. Dengan ini akan mengurangi resiko paparan covid19 yang sewaktu-waktu bisa saja terjadi.

Terpantau pelaksanaan musdessus penetapan kpm blt dana Desa tahun anggaran 2021 Desa Geramat berjalan kondusif. sepakat di tetapkan sebanyak 40 kpm yang akan mendapatkan bantuan langsung tunai dana Desa tahun 2021.

CAPLIN SEGANTI

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

PULAU PINANG - Rabu, 14-April-2021 - 20:00

Lemang Khas Lahat, Kuliner Takjil Yang Mantap

selengkapnya..

GUMAY TALANG - Senin, 12-April-2021 - 16:55

Kades Muara Tandi Jonizar Berbagi Rezeki

selengkapnya..

Investigasi

Berita Sebelumnya

PanCe

Siape & Tuape

Jajak Pendapat

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater