PPL KECAMATAN MULAK ULU AREA GIATKAN PEMBINAAN KELOMPOK TANI

Selasa, 16-Februari-2021, 12:19


TALANG BERANGIN – Sejalan dengan program pemerintah pusat dalam mendukung program swa sembada pangan/beras Nasional. Balai penyuluh pertanian bersama seluruh penyuluh pertanian lapangan sekecamatan mulak ulu area, mengadakan pembinaan kepada kelompok tani Karya Bersama Desa Talang Berangin Kecamatan Mulak Sebingkai. Selasa (16/02/2021).

Ketua kelompok tani Karya Bersama mengatakan,” menyambut baik langkah pembinaan dari balai penyuluh pertanian bersama ppl. kami para petani mendapatkan edukasi dan sistem tanam padi yang tepat dangan sistem tanam padi “Jajar Legowo”. Sistem ini sangat mudah di terapkan, efektif dalam perawatan dan meningkatkan hasil panen,”.

Lebih detail di tambahkan Hermansyah S.PKP yang merupakan pimpinan balai penyuluh pertanian mulak ulu area mengatakan,” giat hari ini merupakan langkah pembinaan kepada kelompom tani, dengan terjun langsung ke lokasi lahan persawahan yang sedang melakukan tahap cocok tanam.

Di tambahkannya, pada kesempatan ini petani di kenalkan dengan sistem tanam padi “Jajar Legowo”. sistem tanam jajar legowo merupakan system tandur jajar, dimana di antara barisan tanaman padi terdapat lorong kosong yang lebih besar dan memanjang sejajar dengan barisan tanaman padi. jarak setiap rumpun 25 cm dan jarak barisan 40 cm.

Keuntungan system tanaman jajar Legowo antara lain, dapat meningkatkan produksi padi sebesar 12-22%, memberikan ruang yang luas(lorong) yang mampu menutup sebagian biaya usaha tani sehingga meningkatkan pendapatan, hasil penelitian menunjukan bahwa rumpun padi yang berada di barisan pinggir hasilnya 1,5-2 kali lipat lebih tinggi, jumlah rumpun padi yang meningkat 33% hektar, efektifitas perawatan serta hasil gabah kering lebih tinggi.”terangnya.

Terpantau kegiatan berjalan baik dimana petani di ajarkan cara tanam yang tepat dan efektif. nampak para petani antusias dalam mengikuti dan mendengarkan arahan penyuluh pertanian.

CAPLIN SEGANTI

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT

LAHAT - Selasa, 16-April-2024 - 18:21

Polres Lahat Gelar Halal Bihalal

selengkapnya..

TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

MULAK ULU - Minggu, 14-April-2024 - 09:00

PENOMENA MISTIS TEBAT BESAK LAWANG AGUNG

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater