Sedekah Rame Desa Gunung Agung Sembelih Seekor Kerbau

Selasa, 16-Februari-2021, 16:11


Lahatonline.com, Gunung Agung – Adat kebudayaan yang beraneka ragam di Indonesia khususnya yang ada di Desa Gunung Agung Kecamatan Merapi Barat Kabupaten Lahat Sumatera Selatan memang sangat beragam, di antara ragam tradisi adat – adat kebudayaan yang masih lestari di desa yang ikatan tradisi dan adatnya masih kental.

Seperti hari ini, saat media ini bertandang ke Desa Gunung Agung, tampak para sesepuh adat bersama kepala desa sedang mengadakan penyembelihan seekor Kerbau (Bemasak) guna mempersiapkan sedekah rame.

“Jadi hari ini kita bersama masyarakat, sesepuh adat, serta perangkat desa Gunung Agung mengadakan penyembelihan seekor Kerbau guna persiapan sedekah rame pada esok Rabu 17 Februari 2021. Kalau istilah kita hari ini bemasak besok jadinye (pelaksanaan sedekah).” Ujar Dafit Apriansyah Kepala Desa Gunung Agung Merapi Barat, Selasa (16/02/21).

Dijelaskan olehNya sedekah rame Desa Gunung Agung diadakan 1 tahun sekali.

” Sebenarnya sedekah rame ini sudah ada sejak dari orang terdahulu kita, namun Alhamdulillah dimasa kepemimpinan kita sebagai kepala desa, kegiatan sedekah rame rutin kita lakukan setiap tahunnya” Terang Dafit.

Lanjut Dafit, Masyarakat mewujudkan rasa syukur serta mengadakan do’a bersama meminta kepada Tuhan Yang Maha Esa dijauhkan dari balak bencana serta mengharapakan ridho dari Allah diberi kesehatan rezki yang berkah dan dengan adanya sedekah rame ini yaitu memupuk kebersamaan dan semangat gotong royong antar sesama warga desa, Lanjut Dafit.

Terpantau awak media, acara bemasak persiapan sedekah rame desa Gunung Agung berlangsung sejak pagi tadi sekitar pukul 07.00 WIB hingga sore. tampak para ibu – ibu sedang sibuk menyiapkan bumbu masak, sedangkan bapak – bapak bagian penyembelihan kerbau.

Acara bemasak persiapan sedekah rame desa Gunung Agung Melibatkan, Kepala Desa, Lembaga lembaga adat ,lembaga kemasyarakatan, karang taruna, serta warga desa Gunung Agung Kecamatan Merapi Barat.

” Jangan lupa besok datang ya..!!!” Ajak Dafit Apriansyah Kepala Desa Gunung Agung ke Wartawan Media ini.

Dias

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN

LAHAT - Rabu, 27-Maret-2024 - 17:54

Guru Penggerak Terus Bertambah 

selengkapnya..

PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater