Jumlah Pengunjung

dgGEREg

Download Aplikasi

VIDEO

Pol-PP Lahat Siap Kembangkan Solusi Pangan Dimasa Pandemi

Selasa, 26-Januari-2021, 23:50


LAHAT — Siapa yang menyangka Lahan yang selama ini tidak bermanfaat, kini disulap menjadi Lahan budi daya produk sayur sayuran di Lahan tak jauh dari Markas Besar (Mabes) Pol-PP, Linmas, dan Damkar Pemkab Lahat, sebagai solusi Pangan dimasa pandemi Covid 19.

Lahan yang sebelumnya Eks Lapangan Volly Ball, kini menjadi Lahan yang menghasilkan pundi pundi rupiah. Bertempat di Mabes Pol-PP, Linmas, Damkar Pemkab Lahat yang berlokasi di Jalinsum tepatnya di Kelurahan Pagar Agung Kecamatan Lahat, Kabupaten Lahat.

Jajaran Satuan Pol-PP, Linmas, Damkar Pemkab Lahat dipimpin langsung Kasat Pol-PP Fauzan Khoiri Denin AP MM melakukan pemanenan sayur kangkung manis yang kedua kalinya.

“Sebelumnya, jajaran Satuan Pol-PP, Linmas, Damkar Pemkab Lahat melakukan pemanenan Pertama pada Jum’at tanggal 15 Januari 2021 lalu. Sore tadi, pemanenan yang Kedua sayuran kangkung manis pada Selasa tanggal 26 Januari 2021,” ungkap Fauzan Khoiri Denin AP MM, kemarin.

Ia menjelaskan, dengan hasil yang nampak dilakukan oleh anggotanya, membuat Fauzan, siap memBack-Up Praja Sukis untuk mengembakan Budi daya sayur sayuran dan jenis tanaman berskala pendek, dimasa pandemi ini.

“Disamping dapat pemenuhan pangan skala rumah tangga para anggota Pol-PP, Linmas, Damkar Pemkab Lahat. Akan tetapi, bila mana ada warga sekitar membutuhkan, tidak menutup kemungkinan hasil panen tersebut bisa kita jadikan pundi pundi rupiah,” urai Kasat Pol-PP Pemkab Lahat, seraya tertawa.

Intinya, dari hasil yang ditanam oleh Praja Sukis ini, kedepan akan terus dikembangkan. Bahkan, Pol-PP sendiri siap mem Back Up anggotanya Praja Sukis, mulai dari menyiapkan Lahan, pupuk, dan alat alat yang dibutuhkan lainnya.

“Karena, bukan hanya sayuran kangkung manis saja, akan tetapi kedepan kita telah menyiapkan berbagai jenis tanaman yang berjangka pendek agar dapat segera dipanen,” tambahnya.

Rencana, selain sayur mayur kata Fauzan, juga akan membudidayakan tanaman lainnya seperti, kacangan kacangan, cabai, jagung, dan tanaman jangka pendek yang lainnya.

“Alhamdulillah, dan selamat kepada Praja Sukis yang telah berhasil membudidayakan sayur mayur seperti kangkung manis. Kedepan, sayuran yang bersifat jangka pendek akan kita tanam juga. Awalnya ini Lahan biasa lalu kami kelolah untuk menjadi Lahan produktif dimasa Pandemi Covid 19,” pungkas Fauzan seraya menambahkan, panen hari ini merupakan panen kangkung untuk yang kedua kalinya.

Berita sebelumnya, siapa yang menyangka Eks Lapangan Volly Ball yang sempat menjadi Lahan tidur, disulap oleh jajaran Satuan Pol-PP, Linmas, dan Damkar Kabupaten Lahat menjadi Lahan menghasilkan.

Awalnya, eks Lapangan Volly Ball tersebut, sempat menjadi Lahan tidur. Karena, ada salah anggota Pol-PP, Linmas, dan Damkar Pemkab Lahat yang ulet sehingga, berhasil mengelola Lahan yang selama ini tidak bermanfaat.

Turut hadir dalam kegiatan Panen Perdana Kangkung ini, Kasat Pol-PP, Linmas, dan Damkar Pemkab Lahat, Fauzan Khoiri Denin AP.MM, pejabat Steruktual, dan seluruh anggota Pol-PP, Linmas, dan Damkar Pemkab Lahat.

“Satu bulan yang lalu, dilokasi Lahan yang akan kita lakukan panen perdana Kangkung ini, merupakan Lapangan Volly Ball, kini Lapangan kita pindahkan kedepan dan eks Lahat yang ada dimanfaatkan oleh anggota kita,” ungkap Kasat Pol-PP, Linmas, Damkar Pemkab Lahat Fauzan Khoiri Denin AP.MM, pada Jum’at (15/01/2021), kemarin.

Lahan sebelumnya, dikelola oleh anggota Pol-PP bernama Praja Sukis bekas Lahan tidur. Namun, dikarenakan kemauan dan keuletannyalah berhasil manfaatkan Lahan yang ada, menjadi tambahan ekonominya.

“Untuk lapangan Volly Ball kita alihkan kesamping. Alhamdulillah, Lahan yang ada kini disulap oleh Praja Sukis menjadi Lahan menghasilkan. Mulai, tanaman Kangkung, Ubi, dan kebun Pisang,” tambahnya.

Walaupun, di Lahan milik Pol-PP, Linmas, dan Damkar Pemkab Lahat, dijelaskan Fauzan, dengan panen perdana ini tetap akan dibagikan kepada anggota, akan tetapi, tetap wajib bayar dengan harga yang ditentukan oleh anggota Praja Sukis. (Din)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

Investigasi

Berita Sebelumnya

PanCe

Siape & Tuape

Jajak Pendapat

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater