Jumlah Pengunjung

dgGEREg

Download Aplikasi

VIDEO

Bupati Lahat Berharap ABPEDNAS Dapat Menciptakan Kemandirian Desa

Kamis, 21-Januari-2021, 19:04


LAHAT ONLINE—– Bertempat di Gedung Pertemuan milik Pemkab Lahat, dilaksanakan pelantikan pengurus Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (ABPEDNAS) di Kabupaten Lahat.

Dengan dikukuhkannya pengurus ABPEDNAS ini, diharapkan dapat menciptakan kemandirian seluruh Desa yang ada di Kabupaten Lahat.

Turut hadir dalam pelantikan ABPEDNAS tersebut, Bupati Lahat Cik Ujang, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lahat Fitrizal Homizi ST, Pj Sekda Lahat Deswan Irsayad M.Si, Kadis BPMDesa Lahat, Kepala Inspektorat, Kepala Kesbangpol Lahat Drs.H.Surya Desman MM, Kapolres Lahat AKBP Achmad Gusti Hartono SIK, Dandim 0405 Lahat, dan seluruh anggota serta pengurus ABPEDNAS Lahat.

“Untuk itu, diharapkan keberadaan Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (ABPEDNAS) di Kabupaten Lahat bisa membantu Pemerintah Daerah guna dapat menciptakan kemandirian desa yang ada,” ungkap Bupati Lahat Cik Ujang, dalam pelantikan pada Kamis (21/01/2021), kemarin.

Karena, sambung Bupati Lahat, visi ABPEDNAS agar terwujudnya rakyat mandiri dan islami. Serta, sejalan Visi dan Misi di Kabupaten yang bercahaya.

Tidak itu saja, Cik Ujang juga berpesan kepada pengurus ABPEDNAS Lahat yang telah dilantik jangan mudah terprovokasi dan jangan mudah dimasuki oleh orang luar. Namun, fokus kepada bekerja menjalankan Visi dan Misi Organisasi dalam mewadahi BPD yang di Kabupaten Lahat.

“Termasuk kalau ada kendala maupun ide dan gagasan, silakan disampaikan kepada BPMDesa ataupun Sekda Lahat, bahkan silakan temui saya,” ujar Cik Ujang.

Untuk diketahui, dijelaskan Bupati Lahat, di Kabupaten Lahat terdapat 360 Desa dari 24 Kecamatan, apabila 60 persen dari 360 Desa yang ada, maju jelas akan terdongkrak Kabupaten Lahat baik dalam hal pendapatan maupun lainnya.

“Oleh sebab itu, ini merupakan tugas dari ABPEDNAS kedepan tingkatkan UMKM dan Pariwisata didesa untuk meningkatkan kesejahteraan didesa tersebut, jangan sifatnya menoton Infrastruktur selalu,” pesan Cik Ujang.

Sementara, Ketua Umum ABPEDNAS Deden Samsudin melalui Wakil Ketua Deden Komarudin menyampaikan, dukung Pemkab Lahat dan bantu Bupati Lahat jangan selalu mengeluhkan kendala dana.

“Intinya, bekerjalah dulu disini saya lihat respon Pemerintah Daerah jelas dan sangat menyambut baik, apalagi ABPEDNAS ini berjalan demi untuk kepentingan Desa,” terang Deden.

Menurutnya, dengan telah terbentuknya ABPEDNAS Lahat di Lahat setidaknya bisa memberikan pemahaman kepada BPD bahwa duduk selaku Badan Permusyawaratan Desa itu, harus paham dan membaca Regulasi dan amanat undang undang (UU).

“Jangan hanya ingin memakan dana desa saja. Disini duduk selaku Badan Permusyawaratan Desa (BPD) itu, juga harus memahami aturan, termasuk bicara tentang ingin memintak kepada Pemerintah dapat menaikkan Gaji selaku BPD,” pungkasnya.

Ditambahkan, Ketua DPC ABPEDNAS Lahat menegaskan, terbentuknya ABPEDNAS di Bumi Seganti Setungguan ini pada 24 Oktober 2020 dan pada tahun 2021 awal telah terdaftar di Kesbangpol Lahat.

“Kita tidak ada kepentingan, akan tetapi dengan diresmikannya keberadaan ABPEDNAS di Kabupaten Lahat ini, merupakan suatu wadah untuk para Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam hal konsultasi dan lain lainnya,” tutup Ketua DPC ABPEDNAS. (Din

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

SUKA MERINDU - Minggu, 28-Februari-2021 - 20:21

Catin Bisa Manfaatkan Daftar Nikah Via Online

selengkapnya..

LAHAT - Minggu, 28-Februari-2021 - 08:25

Tindak Pidana Politik Uang dalam Pilkades

selengkapnya..

TANJUNG SAKTI PUMI - Sabtu, 27-Februari-2021 - 21:29

Nini Iswara Terpilih Ketua IBI Ranting Tanjung Sakti

selengkapnya..

Investigasi

Berita Sebelumnya

PanCe

Siape & Tuape

Jajak Pendapat

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater