BUPATI LAHAT : “PENGAWASAN INTERNAL PEMERINTAH SANGATLAH PENTING”

Kamis, 21-Januari-2021, 18:38



Lahat – Bupati Lahat Cik Ujang SH menilai pengawasan dalam tubuh pemerintahan sangatlah penting meskipun diakui oleh Cik Ujang masih banyak ditemukan kelemahan dalam keuangan daerah baik itu dalam Pemerintahan Kabupaten dan terutama administrasi ditingkat desa.

“Saya minta kedepan permasalahn hukum baik dalam administrasi tidak terulang kembali dan susun sebaik mungkin pada 2021 pengawasan baik di tingkat OPD sampai Kelurahan dan Desa,” ungkap Cik Ujang dalam Rapat koordinasi, monitoring dan evaluasi atas hasil pengawasan APIP dan BPK tahun 2020 dan rencana pengawasan APIP 2021 Serta launching layanan pengaduan masyarakat inspektorat kabupaten Lahat di Gedung Pertemuan Pemkab Lahat, Kamis (21/1).

Cik Ujang sendiri menilai Kabupaten Lahat saat ini sudah masuk dalam zona Biru dalam tingkat Pengawasan dengan nilai 60, tentu saja dirinya berharap kedepan bisa ditingkatkan menjadi zona hijau.

“Lahat dalam dalam penilaian Monitoring Center of Prevention (MCP) peringkat ketujuh (7) di seluruh Kabupaten dan Kota di Sumsel, sedangkan sebelumnya perangkat terakhir,” ujarnya.

Sementara itu, Inspektur Inspektorat Lahat Yunisa Rahman mengatakan, inspektorat Lahat akan semaksimal mungkin melakukan pengawasan dan pemeriksaan baik di tingkat OPD sampai ke tingkat Kelurahan dan Desa.

“Permasalahan Administrasi banyak ditemukan di tingkat Desa sehingga kedepan kita (Inspektorat) akan menetapkan Desa contoh di setiap Kecamatan yang dibina langsung oleh Inspektorat,” ungkapnya.

Agar lanjutnya, Desa contoh disetiap Kecamatan bisa memcontoh juga Desa lainnya sehingga harapan kedepan permasalahan administrasi ditingkat Desa bisa teratasi dan tidak ada masalah hukum.

Selain itu dikatakan Yunisa Rahman, bagi kalangan masyarakat yang hendak mengacu Kelurahan atau kendala di Desa maupun keluarahan atau ada temuan lainnya tidak perlu datang ke kantor.

“Pengaduan kali ini membuka tidak perlu datang ke inspektorat, Cukuplah melalui medsos (facebook dan Whataps) yang penting laporan lengkap,” kata Yunisa Rahman.
(Benz Tahrim)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

MULAK ULU - Jumat, 23-April-2021 - 11:10

PEMDES AIRPUAR GELAR PENDATAAN SDGs DESA

selengkapnya..

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

Investigasi

Berita Sebelumnya

PanCe

Siape & Tuape

Jajak Pendapat

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater