Balai Arkeologi Sumatera Selatan Survei Temuan Megalith ke 54 Rindu Hati

Sabtu, 19-Desember-2020, 23:59


RINDU HATI – tim dari Balai Arkeologi Sumatera Selatan yang berkantor di Palembang melakukan survei atas laporan penemuan situs megalit di dusun Sekayoen desa Rindu Hati kecamatan Gumay Ulu kabupaten Lahat pada tanggal 28 November 2020 yang dilaporkan oleh Panoramic of Lahat.

Kepala Balai Arkeologi Sumatera Selatan Drs. Budi Wiyana menugaskan 5 orang untuk melakukan survei. Tim dari Balai Arkeologi Sumatera Selatan menuju lokasi situs megalit didampingi oleh Kepala Bidang Kebudayaan Bambang Aprianto dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lahat, Maryoto atau Mario Andramartik Ketua Panoramic of Lahat sekaligus Staf Khusus Bupati Bidang Parekraf, Yandi Satari anggota Panoramic of Lahat dan Suharsono warga desa Sumber Karya sebagai pemandu.

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lahat melalui Kepada Bidang Kebudayaan yang langsung ikut dalam survei dan penemuan situs megalit terbaru di akhir tahun 2020 mengatakan sangat apresiasi atas respon cepat dari Balai Arkeologi Sumatera Selatan yang langsung datang untuk menindaklanjuti laporan penemuan situs megalit pada tanggal 28 November 2020 lalu dan selanjutnya siap untuk bersinergi dalam penelitian situs-situs megalit yang ada di kabupaten Lahat agar nantinya situs megalit kabupaten Lahat dapat menjadi warisan budaya Indonesia bahkan warisan budaya dunia UNESCO

Temuan arca menhir ini merupakan temuan terbaru dan sebelumya belum pernah terpublikasikan sama sekali.

Menurut data dari Lembaga Kebudayaan dan Pariwisata Panoramic of Lahat yang telah mendata situs megalit di kawasan Pasemah (Lahat, Muara Enim, Empat Lawang dan Pagaralam) sejak 2009 bahwa situs megalit yang berada di kabupaten Lahat saat ini telah terdata sebanyak 53 situs megalit dan temuan hari ini menjadi situs megalit ke 54.

Semoga dengan adanya temuan ini dan mungkin akan ada temuan lainnya akan menjadi perhatian dan kepedulian semua pihak seperti masyarakat sekitarnya situs megalit, pemerintah pusat, provinsi dan daerah, legislatif (anggota DPR) agar keberadaan situs megalit ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan pemerintah seperti warisan budaya lainnya.

Hal ini menambah jumlah situs megalit yang ditemukan di kabupaten Lahat menjadi 54 situs megalit dan makin mengukuhkan kabupaten Lahat sebagai “Negeri Seribu Megalit” dan sebagai pemilik Situs Megalit Terbanyak se Indonesia

Perjalanan menuju situs megalit dengan kendaraan bermotor untuk mempersingkat waktu waktu harus melintasi jalan tanah yang sempit, terjal dan berliku. Beberapa kali sepeda motor harus berhenti karena menaiki tanjakan yang terjal dan menyeberangi jembatan gantung sungai selangis.

Sesampainya di lokasi situs megalit dan melakukan pendataan kami mendapatkan info ketika ketemu warga dan kamipun melakukan penelusuran dan akhirnya kami berhasil menemukan arca menhir berupa manusia dengan tinggi 40 cm di perkebunan kopi.

Arca menhir ini di apit batu di kanan dan kiri yang berbentuk batu bulat silendris. Arca menhir dan 2 batu silendris berada di gundukan tanah seperti punden berundak yang dikelilingi benteng batu.

Menurut Nofrin Fahrozi,S.Ant peneliti dari Balai Arkeologi Sumatera Selatan yang berada di lokasi situs mengatakan arca menhir ini sangat menarik dan perlu kajian dan penelitian yang komprehensif sedang Kristantina Indriastuti, SS peneliti dari Balai Arkeologi Sumatera Selatan yang juga ikut survei menyebut arca menhir ini mirip yang di desa Tanjung Menang kecamatan Tanjung Tebat dan di lihat dari bentuknya lebih tua dari peninggalan arca megalit yang telah ditemukan sebelumnya juga temuan di lokasi ini mempunyai keunikan yang berbeda dibanding dengan temuan di lokasi megalit lainnya .

Adapun keunikan pertama adanya punden berundak yang belum pernah ditemukan sebelumnya kedua temuan arca menhir ketiga batu-batu tegak sebagai tanda kubur yang kemungkinan berjumlah ratusan keempat arca manusia yg tampak setengah badan.

Kesimpulannya perlu penelitian lebih lanjut untuk melihat luasan lokasi situs dan jenis temuan yang berada di area situs juga sebaran temuan.

Tim Balai Arkeologi Sumatera Selatan yang ikut survei hari ini adalah Ismayati, SE, M.Si, Kristantina Indriastuti, SS, M. Nofrin Fahrozi, S.Ant, Frenty, SE dan Nike Indryani, Spd.

(laporan Apif)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN

LAHAT - Selasa, 16-April-2024 - 18:21

Polres Lahat Gelar Halal Bihalal

selengkapnya..

KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

MULAK ULU - Minggu, 14-April-2024 - 09:00

PENOMENA MISTIS TEBAT BESAK LAWANG AGUNG

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater