Jumlah Pengunjung

dgGEREg

Download Aplikasi

VIDEO

Penderita DBD Lahat Naik Hingga 59 Kasus

Rabu, 2-Desember-2020, 21:58


Lahat –  Berdasarkan data yang diterima oleh dinas kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lahat, mencatat meningkatnya penderita demam berdarah dengue (DBD) akibat perubahan cuaca akhir akhir ini. Dari data yang didapat Dinkes Kabupaten Lahat, hingga per Oktober 2020 jumlah kasus demam berdarah dengue (DBD) mencapai 155 penderita, atau mengalami kenaikan hingga 59 kasus dari 2019, tercatat 96 orang dan di 2018 hanya 74 kasus.

Hal tersebut, diutarakan Kadinkes Lahat, Ponco Wibowo SKM MM melalui Kepala Bidang (Kabid) P2P, Aiwa Marlina SKM MM menyampaikan, kenaikan yang tidak terlalu tinggi, memang bisa dipicu dari perubahan cuaca dari panas ke musim penghujan.

Karena, itu cukup mempengaruhi sekali, pancaroba kerap kali menjadi biang beberapa jenis penyakit muncul ke permukaan, disamping kebersihan lingkungan menjadi factor utama mendatangkan nyamuk Aedes Aegpty,” tegasnya, pada Rabu (02/12/2020).

Maka dari itu, Ia menyampaikan, tinggal bagaimana peran serta penduduk untuk sama-sama menjaga kebersihan lingkungannya, ataupun  bergotong royong mengangkut sampah yang bisa menjadi sarang nyamuk aedes aegpty. “Yang jelas, nyamuk penyebab DBD ini, begitu menyukai air bersih yang tergenang maupun pakaian yang digantung agar dapat diwaspadai,” pesan Aiwa lagi. Nah, untuk jurus ampuh kata Aiwa, guna mengantisipasi terjadinya DBD ini, paling utama yakni, 3M plus, pemberian bubuk abate di bak mandi, kolam ikan, dan memelihara ikan tempalo ataupun tidur menggunakan kelambu

“Bisa saja, pembawa dari warga yang berpergian keluar kota, dan ketika kembali lagi membawa virus DBD. Fogging (pengasapan, red) tindakan hanya membunuh nyamuk dewasa saja, sedangkan jentiknya tidak mempan. Dengan cara 3M Plus inilah merupakan jurus paling jitu membasmi nyamuk dewasa berikut telur maupun jentiknya,” himbaunya kepada seluruh masyarakat Kabupaten Lahat. (Din)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

LAHAT - Selasa, 26-Januari-2021 - 18:28

Bupati Lahat Warning Direktur Perusda

selengkapnya..

PAGAR GUNUNG - Selasa, 26-Januari-2021 - 12:49

MARLES YUNIARDI, LANTIK PJS KADES PENANTIAN

selengkapnya..

Investigasi

Berita Sebelumnya

PanCe

Siape & Tuape

Jajak Pendapat

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater