Jumlah Pengunjung

dgGEREg

Download Aplikasi

VIDEO

Dinkes Lahat Catat 14 Pasien HIV

Selasa, 1-Desember-2020, 23:59


Lahat – Memperingati Hari AIDS/HIV se dunia yang jatuh tiap 1 Desember, berdasarkan catatan Dinas Kesehatan bagi penduduk yang menderita penyakit tersebut mencapai 14 orang, dengan satu orang dinyatakan meninggal dunia.

“Data yang ada pada kita (Dinkes) ada 14 pasien, satu diantaranya telah meninggal dunia, jadi bersisa 13 lagi dalam pengawasan,” kata Kadinkes Lahat, Ponco Wibowo SKM MM melalui Kepala Bidang (Kabid) P2P, Aiwa Marlina SKM MM, pada Selasa (01/12/2020).

Ia mengatakan, pihaknya bersama-sama 33 puskesmas melakukan pemeriksaan kesehatan, terhadap penduduk secara random agar semuanya bisa ditangani dengan baik. “Jangan sampai, penderita AIDS/HIV ini bertambah, dan tentunya kepada penduduk untuk tidak mengucilkan keluarga pasien,” pesannya lugas.

Tidak dipungkiri, sambungnya, penyakit ini dikalangan masyarakat bisa dikatakan tabu, dan sangat langkah sekali terjadi di Kabupaten Lahat. “Biasanya ini, pasien tersebut tertular ketika berada di luar Lahat, ketika kembali ke kampung, perubahan pada tubuhnya sangat drastis sekali terlihat,” jelas Aiwa.

Oleh sebab itu, Aiwa berharap, agar tidak berganti-gantian pasangan, bergantian suntikan dan lain sebagainya.”Kami juga menghimbau, kepada seluruh penduduk tidak menjauhi pasien maupun keluarganya, tetap berikan semangat bertahan hidup lebih lama,” tukasnya.

Terpisah, Kepala PKM Muara Tiga, Kecamatan Mulak Ulu, Eva Agustina SKM mengemukakan, di wilayahnya ada satu pasien positif AIDS/HIV, akan tetapi, yang bersangkutan dinyatakan meninggal dunia. “Ada tapi yang bersangkutan sudah meninggal dunia. Pihak PKM Muara Tiga terus memberikan sosialisasi kepada penduduk, agar menjaga kesehatan terutama ditengah pandemi covid-19,” ungkapnya.

Menurutnya, dalam pengambilan sampel darah, pihaknya tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes), dengan menggunakan alat pelindung diri (APD). “Petugas kita gunakan APD, sehingga semuanya berjalan lancar dan tertib tidak ada kendala sama sekali,” pungkas Eva. (Din)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

MERAPI SELATAN - Senin, 25-Januari-2021 - 13:37

BOMBA GROUP GOES TU SCHOOL SMAN 1 MERAPI SELATAN

selengkapnya..

LAHAT - Minggu, 24-Januari-2021 - 12:12

PERILAKU RENTE DITUBUH WAKIL RAKYAT!!!

selengkapnya..

KIKIM TIMUR - Sabtu, 23-Januari-2021 - 22:02

Camat Akui 4 Desa Dikikim Timur Ngutang Dana BLT

selengkapnya..

Investigasi

Berita Sebelumnya

PanCe

Siape & Tuape

Jajak Pendapat

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater