Jumlah Pengunjung

dgGEREg

Download Aplikasi

VIDEO

SMP NEGERI 1 MULAK ULU LAKUKAN HOME VISIT

Selasa, 1-Desember-2020, 23:55


MULAK ULU – Kepala SMP Negeri 1 Mulak Ulu, Drs.Wasiri menugaskan kepada Guru mata pelajaran dan wali kelas dengan orang tua siswa untuk mensukseskan belajar siswa dengan moda daring ataupun luring saat pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Kunjungan ke rumah atau Home visit merupakan salah satu alternatif membangun komunikasi yang baik tersebut serta diharapkan bisa membantu memecahkan kesulitan–kesulitan belajar siswa moda daring atau luring saat pandemi ini.

Home visit bertujuan untuk memperoleh berbagai keterangan atau data yang diperlukan dalam memahami lingkungan dan siswa serta memecahkan permasalahan siswa yang mengalami kesulitan belajar saat Belajar Dari Rumah. Untuk itu mungkin saat ini home visit menjadi salah satu teknik pengumpulan data siswa yang dilakukan oleh guru BP/BK atau walikelas dengan cara mengunjungi tempat tinggal siswa tertentu yang tujuannya untuk memperoleh informasi yang lebih lengkap dan akurat tentang permasalahan siswa.

Berkunjung ke rumah atau home visit siswa akan diperoleh berbagai data dan keterangan tentang berbagai hal yang besar kemungkinan ada sangkut pautnya dengan permasalahan siswa yakni meliputi :

1) Kondisi dan fasilitas belajar siswa serta masalah kesulitan belajar di rumah, 2) Hubungan siswa dengan orang tua dan anggota keluarganya, 3) Sikap dan kebiasaan siswa di rumah, 4) Komitmen orang tua dan anggota keluarga lainnya dalam perkembangan anak-anaknya dan pengentasan masalahnya.

Dengan home visit ini akan melahirkan kedekatan emosional antara wali kelas dan siswa sehingga terciptanya hubungan yang harmonis dan saling timbal balik, pelaksanaan home visit ini bukan hanya tertuju kepada siswa tapi juga kepada keluarga siswa karena dengan dilakukannya home visit ini keluarga juga mendapatkan pandangan, pemahaman, arahan, motivasi, sikap dan cara yang perlu dilaksanakan oleh keluarga siswa.

Pelaksanaan home visit saat pandemi Covid -19 saat ini memerlukan persiapan yang matang dari guru pembimbing atau wali kelas serta memerlukan kerja sama yang baik dari orang tua siswa serta atas persetujuan kepala sekolah.. Ada masalah – masalah lahir dari siswa dalam belajar saat ini misalnya, siswa tidak bisa mengakses internet, masalah quota mahal, siswa tidak punya gadget, siswa tidak aktif bahkan tidak mau peduli untuk belajar, kecenderungan main game on line, begadang malam, siswa tidak pernah atau mau mengirim tugas padahal HP nya selalu Online, dan sebagainya.

Semua masalah ini harus cepat diantisipasi, diinventarisir, dikomunikasikan serta dicari solusi yang tepat serta bijak oleh sekolah terutama para walikelas dan guru BP/BK, terdokumentasikan berbentuk foto dan video disertai deskripsi catatan dan laporan.

Fungsi utama kegiatan home visit ialah fungsi pemahaman, artinya memahami masalah siswa secara detil, mencari solusi masalah yang tepat dan bijak siswa yang barang tentu diperlukan sinergitas sekolah, siswa dan orang tua siswa.

(Windriansyah)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN

MERAPI SELATAN - Senin, 25-Januari-2021 - 13:37

BOMBA GROUP GOES TU SCHOOL SMAN 1 MERAPI SELATAN

selengkapnya..

LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

LAHAT - Minggu, 24-Januari-2021 - 12:12

PERILAKU RENTE DITUBUH WAKIL RAKYAT!!!

selengkapnya..

KIKIM TIMUR - Sabtu, 23-Januari-2021 - 22:02

Camat Akui 4 Desa Dikikim Timur Ngutang Dana BLT

selengkapnya..

Investigasi

Berita Sebelumnya

PanCe

Siape & Tuape

Jajak Pendapat

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater