Jumlah Pengunjung

dgGEREg

Download Aplikasi

VIDEO

Hari Aids Sedunia, HIV tidak Sepopuler Covid 19

Selasa, 1-Desember-2020, 20:10



LAHAT ONLINE, SUMUR – Memperingati Hari Aids Sedunia yang jatuh pada 01 Desember, Kepala Puskesmas Pajar Bulan dr H M Qomaruddin Imron M Kes mengajak warga agar tidak mengucilkan para penderita aids apabila bertemu dengan mereka. 

Qomar mengatakan, Hari Aids Sedunia kali mengusung tema Global Solidarity, Shared Responsibility atau Solidaritas Global, Tanggung Jawab Bersama, memang bertujuan untuk menggugah kesadaran semua pihak, karena hingga sekarang, masih ada 12 juta orang penderita HIV di seluruh dunia.

Tidak seperti Covid 19, penularan Virus HIV tidak bisa ditularkan hanya melalui kontak tangan saja. Karenanya, memabg angka penularan HIV memang tidak sebanding dengan Covid 19 yang sedang mewabah saat ini. 

“Peringatan Hari Aids Sedunia kali ini memang tidak begitu populer, lantaran kita saat ini tengah dihadapkan dengan masalah pandemi Covid 19. Penularan Covid 19 pun masih terjadi dan jauh lebih masiv dibandingkan dengan HIV,” kata dia, Selasa (01/12).

HIV dapat menular hanya melalui perantara darah saja, yang itu bisa ditularkan melalui hubungan seksual, atau bergantian menggunakan jarum suntik, terhadap orang yang telah terpapar HIV. Namun untuk penularan Covid 19 sangat mudah, yakni melalui perantara tangan bisa langsung ditularkan, melalui mulut, mata dan hidung. 

“Penularan Covid 19 sama seperti flu, sangat mudah ditularkan. Nqmun HIV tidak, harus ada kontak khusus melalui darah, apabila berhubungan seksual pun, HIV akan menular lewat luka atau lecet, makanya penularannya lebih susah,” ujarnya.

Mengenai cara virus menginfeksi tubuh, dampak yang ditimbulkan Covid 19 berbeda dari HIV, angka sembuh pada Covid 19 jauh lebih tinggi dibandingan HIV.

“HIV jauh lebih mematikan ketimbang Covid 19. Banyak penderita Covid 19 sembuh dengan sendirinya, sedangkan HIV hingga sekarang belum ada obatnya. Orang yang terpapar HIV, akan mengidap selama, hanya bisa memperpanjang umur saja, tidak bisa membunuh virus itu didalam tubuh, karena belum ditemukan antibodinya,” tuturnya. (nb). 

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

Investigasi

Berita Sebelumnya

PanCe

Siape & Tuape

Jajak Pendapat

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater