Jumlah Pengunjung

dgGEREg

Download Aplikasi

VIDEO

1500 Hektar Lahan Pertanian Masam Bulau akan Teraliri Air Secara Merata

Minggu, 22-November-2020, 12:54


LAHAT ONLINE, MASAM BULAU – Demi meningkatkan produktivitas pertanian di Desa Masam Bulau, pemerintah telah menerjunkan pemuda setempat untuk menjadi pengamat dan pengawas saluran isigasi pewasahan, yang digadang mampu mengairi sawah seluas sekitar 1500 hektar.

Dikatakan M Arief Nugraha, Koordinator Pengawas atau Staf Pengamat mengatakan, pemeliharaan jaringan irigasi menjadi salah satu kunci keberhasilan petani, terutama petani holtikultura.

“Pemerintah menganjurkan petani untuk bisa minimal panen 2 kali dalam setahun, apabila bisa lebih dari itu, maka lebih baik. Panen terutama padi, faktor utamanya ialah air, jadi air harus betul betul bisa terkontrol dan teralirkan hingga ke setiap bidang sawah, itulah tugas kami sebagai tim pengawas,” kata dia kepada Lahat Online, Minggu (22/11).

Arief menambahkan, dia dan anggota lainnya akan melaksanakan tugas yang diembankan kepada mereka. Maka geliat pertanian akan semakin meningkat.

“Geliat pertanian, terutama padi dan tanaman holtikultura lainnya, menjadi icon di Desa Masam Bulau Kecamatan Tanjung Sakti Pumi, jadi kami harus penuhi tanggung jawab ini sebaik mungkin. Kami mengajak, agar petani muda muncul, dan meningkatkan gairah pertanian. Jadi petani itu keren, karena sumber bumi memberikan kita segala yang kita butuhkan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kades Masam Bulau Jhoni Hartono mengaku bangga, terdapat generasi muda di desanya yang mau mengurusi pertanian.

“Tidak masalah, di usia muda sudah mau bertani. Bertani tidak harus menunggu tua, bertani ini pekerjaan yang patut diberikan apresiasi, karena petani akan memberikan hasil bumi untuk kita nikmati, mencukupi pangan kita semua,” pungkasnya. (nb).

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

LAHAT - Kamis, 14-Januari-2021 - 16:41

POL PP LAHAT PANEN KANGKUNG

selengkapnya..

PAJAR BULAN - Kamis, 14-Januari-2021 - 11:59

Kades Kota Raya Lembak Pajar Bulan Tutup Usia

selengkapnya..

KOTA AGUNG - Kamis, 14-Januari-2021 - 08:00

Kabut Tebal Turun di Kota Agung Area

selengkapnya..

Investigasi

Berita Sebelumnya

PanCe

Siape & Tuape

Jajak Pendapat

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater