Ubinan Padi Dapat Jadi Data Ketersediaan Pangan

Jumat, 20-November-2020, 21:27


LAHAT ONLINE, MUARA GELUMPAI – Produktivitas padi baik di Kecamatan Jarai maupun Muara Payang masih tetap stabil, hal tersebut terlihat dari hasil ubinan padi yang dilakukan UPTD Pertanian Jarai di Desa Muara Gelumpai Kecamatan Muara Payang.

Staf UPTD Pertanian Boiman mengatakan, pengubinan padi tersebut dilakukan untuk memprediksi jumlah panen padi dalam luasan sawah petani. Data prediksi tersebut nantinya akan menjadi acuan untuk mengetahui hasil panen padi.

“Padi yang masuk masa panen di lakukan ubinan. Hal tersebut untuk melakukan penghitungan jumlah panen, apakah meningkat, menurun atau stabil. Sehingga akan dicari akar permasalahan apabila menurun,” kata dia, Jumat (20/11).

Boiman menambahkan, hasil ubinan padi dibutuhkan untuk data di kecamatan. Pihaknya akan melakukan uji sampel di beberapa tempat berbeda.

“Beberapa lahan padi dilakukan uji sampel, sampelnya diambil dari lahan padi siap panen, dalam jarak 2 meter persegi. Sampel itulah yang diambil sebagai penghitungan dalam 1 hektar lahan. Kalau mau ngitung semua padi, kan tidak mungkin, karena pasti akan sangat banyak, berpuluh bahkan ratusan ton,” ujar dia. (nb).

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

KIKIM TIMUR - Sabtu, 23-Oktober-2021 - 21:27

BANGUN GAPURA UNTUK MEMPERELOK MASJID AL HIDAYAH

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater