Di Ketinggian 700mdpl Gen-Z Suarakan Tolak Tambang dan Pltu Batubara

Sabtu, 14-November-2020, 23:03


TANJUNG BERINGIN – Beberapa pemuda dan pelajar dari desa ring satu pltu keban agung, berkumpul di  posko anak padi  dimana mereka akan pergi mendaki puncak Bukit Besar yang berada di Desa Tanjung Beringin Kec Merapi Selatan, Kab Lahat. Dimana bukit tersebut hampir setiap pecannya ramai dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun luar daerah Kab Lahat, Sabtu 14 November 2020

 Masih dalam rangka memperingatti hari “Pahlawan “ yang jatuh dibulan November yayasan anak padi bekerja sama dengan   pemuda desa ring satu pltu kebang agung, menyampaikan keluh kesahnya terhadap dampak buruk  dari aktivitas pertambangan dan pltu batu bara yang telah mencemari lingkungan desa ring satu yaitu, Muara Maung, Telatang, Kebur dan tanjung baru. 

Dalam aksinya mereka yang rata-rata Generasi Z membentangkan spanduk yang berisi penolakkan dan penyelamatan icon Kab Lahat dari tambang dan pltu batu bara. 

Kibo (20) mengatakan kami bersama dengan tim kampanye Anak Padi hari ini membentangkan spanduk untuk menyampaikan ke publik  bahwasannya icon Kab Lahat terancam  akibat dari aktivitas pertambangan batu bara yang sudah dekat dengan bukit Serelo.

Dari ketinggian 700mdpl kita bisa lihat banyak lubang-lubang bekas tambang selain itu juga beroperasinya pltu batu bara telah merenggut uadara bersih kami karena abu yang terbang itu banyak mengandung zat logam yang berbahaya untuk manusia, hewan dan tumbuhan tegasnya.

Ia juga menambahkan adanya anak padi di desa  Muara Maung telah membuat saya mengerti tentang pencemaran lingkungan yang terjadi akibat dari aktivitas tambang dan pltu batu bara, anak padi juga terus memberikan pemahaman terdahap dampak buruk yang telah terjadi di desa kami, “ mari bersama selamatkan icon Kab Lahat dari tambang dan pltu batu bara serta mari kita mulai bertransisi  ke energy baru terbarukan” tutupnya.

Echi (22) Kordinator kampanye Anak Padi, menurutnya aktivitas pertambangan dan pltu batu bara telah memberikan dampak  buruk terhadap lingkungan didesa Muara Maung dan lainnya, dengan adanya kegiatan  pementangan spanduk ini saya berharap anak-anak muda khususnya Gen-Z lebih giat mengkampanyekan isu-isu lingkungan, selain ingin menyampaikan ke publik tentang terancamnya bukit Serelo dari tambang batu bara kegiatan ini juga bertujuan untuk mengedukasi adik-adik sekitar tambang dan pltu batu bara supaya mereka tahu tentang dampak lingkungan.

Akan lebih baik jika kaum muda sedari dini telah mengetahui tentang dampak lingkungan yang diakibatkan oleh aktivitas pertambangan dan pltu batu bara, setidaknya mereka bisa mengkampanyekan keresahan warga yang terdampak tambang dan pltu batu bara di media sosial  mereka masing-masing.

Untuk itu kami dari Anak Padi terus memberikan pemahaman ke Gen-Z yang sering datang ke posko Anak Padi, baik itu belajar memahami tentang sistem pengelolaan limbah, dampak-dampak dari abu pembakaran batu bara yang setiap harinya keluar dari cerobong pltu yang mana selama ini mereka meanggap itu hanya asap biasa, karena kurangannya pengetahuan serta tidak adanya sosialisi ke masyarakat sekitar pltu batu bara maka mereka menjadi acuh. Tapi setelah mereka datang ke posko Anak Padi perlahan kepedulian mereka terbangun seiring pemahaman yang mereka dapatkan tutupnya.

Salah satu spanduk yang dibentangkan di Bukit Besar adalah 

“Mari bersama selamatkan Bukit Serelo Hentikan Eksploitasi  di Bentang Alam Selero”

(RUSDI)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

PAJAR BULAN - Selasa, 23-April-2024 - 09:10

Puskes Pajar Bulan, Gelar Re – Akreditasi 

selengkapnya..

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

LAHAT - Selasa, 16-April-2024 - 18:21

Polres Lahat Gelar Halal Bihalal

selengkapnya..

MULAK ULU - Minggu, 14-April-2024 - 09:00

PENOMENA MISTIS TEBAT BESAK LAWANG AGUNG

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater