SUMPAH PEMUDA, INI KATA HEFRA LAHALDI : “IDENTITAS BARU”

DALAM SEBUAH CATATAN

Rabu, 28-Oktober-2020, 08:43



Kongres sumpah pemuda adalah sebuah perwujudan dari semangat kebersamaan untuk melakukan langkah perjuangan dan perlawanan terhadap identitas lama (red-keterjajahan).

Proses perjuangan Nusantara dalam waktu relatif panjang dan lama mengalami proses “Blending” oleh para pemuda dalam kongres tersebut. Terbukti, tidak butuh waktu yang lama lahirnya identitas baru ini 1928-1945.

Artinya, efektifitas dalam perjuangan para pemuda terdahulu begitu kita rasakan dimasa sekarang. Belum lagi kapasitas mereka dalam memainkan peranan dalam menggagas kongres pemuda tersebut.

Kongres tersebut, 92 tahun silam adalah sebuah langkah dialog dalam mempersatukan pandangan dan pemikiran.

Pandangan dan pemikiran yang terwakilkan dalam identitas-identitas kesukuan dan primordial se-Nusantara dinegasikan wadah yang lebih luas lagi yaitu identitas kebangsaan. Menurut Anis Matta, kesukuan/prordial tersebut tak mampu lagi menjadi faktor resisten dalam menghadapi penjajahan kolonial..

Oleh itu, ikrar sumpah pemuda yang disepakati dan dibacakan adalah sebuah “narasi” hadirnya identitas baru berdasarkan takdir kebersamaan.

Perwujudan identitas baru ini terus mengalami tantangan. Tantangan akan semakin besar. Respon kita terhadap tantangan itupun harus lebih besar lagi

Disini pentingnya menghadirkan kembali ruang dialog sebagai perwujudan kebersamaan dan persatuan untuk merespon tantangan zaman.

Pemuda Indonesia tentunya adalah warga dunia yang turut berperan dalam merespon setiap apa yang sedang terjadi di dunia sekarang ini..

Indonesia adalah panggung kita bersama. Dipanggung inilah kita berdialog dan menuangkan ide dan pikiran untuk mewujudkan identitas baru lainnya soal Indonesia. Identitas sebagai kekuatan 5 dunia dan turut dalam menentukan bagaimana dunia ini semestinya. Dengan amanat Undang-Undang turut menjaga ketertiban dunia..

*** HEPRA (Sekretaris Partai Gelora Lahat)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT

LAHAT - Selasa, 16-April-2024 - 18:21

Polres Lahat Gelar Halal Bihalal

selengkapnya..

TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

MULAK ULU - Minggu, 14-April-2024 - 09:00

PENOMENA MISTIS TEBAT BESAK LAWANG AGUNG

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater