Mantan Bupati Lahat Aswari Tebar Bibit Ikan Nila di Pagaralam

Senin, 26-Oktober-2020, 15:22


LAHAT ONLINE, PAGARALAM – Anggota DPRD Provinsi Sumsel H Saifudin Aswari Riva’i sekaligus mantan Bupati Lahat, melakukan bersama Walikota Pagar Alam Alpian Maskoni, menebar benih ikan nila di Tebat Libagh Dusun Karang Dalo Kelurahan Karang Dalo Kecamatan Dempo Tengah Kota Pagar Alam, Senin (26/10/2020).

Aswari mengungkapkan, penebaran benih ikan nila tersebut, adalah bentuk menepati janjinya kepada warga yang telah meminta dibantu sebelumnya.

“Jangan lupa, kalau panen nanti, undang saya dan walikota. Mengenai usulan normalisasi tebat, kami akan usahakan, itulah guna kami hadir disini, saya dan walikota akan mendengarkan aspirasi masyarakat sekalian,” kata Aswari.

Aswari menambahkan, waktu dia menjabat sebagai Bupati Lahat, ada tradisi yang dibuat berupa Lubuk Larangan sungai Kabupaten Lahat, yang saat ini masyarakat masih tetap menikmati hasilnya. Hal itulah yang akan diterapkannya di Dapil VII saat ini.

“Pagar Alam, Lahat dan Empat Lawang merupakan Dapil saya, saya akan sering turun untuk mendengarkan aspirasi masyarakat di Dapil saya ini. Seperti yang pernah saya lakukan pada sungai yang dibuat lubuk larangan, warga dilarang menangkap ikan dengan cara menyetrum, putas, racun dan cara serakah lainnya, sehingga warga setempat dapat menikmati hasil ikan dengan adanya lubuk larangan,” ujar orang yang akrab di sapa Kak Wari.

Sementara itu, Walikota Pagar Alam Alpian Maskoni mengatakan, penebaran benih tersebut merupakan langkah yang diambil Pemkot Pagar Alam bekerjasama dengan Anggota DPRD Provinsi Sumsel, dalam upaya mencegah stunting. Terlebih, ikan yang di tebar akan membuahkan hasil, yang dapat dinikmati masyarakat setempat, dalam menghidupkan kembali tradisi ‘Mbubus’ dengan kearifan lokal.

“Kita upayakan menghidupkan lagi kearifan lokal, yakni tradisi mbubus tebat. Jamam dulu ada tradisi demikian, apabila sedekah, atau ada hajatan lainnya, tebat di keringkan dan diambil ikannya oleh masyarakat setempat. Di Pagar Alam, terdata 27 tebat warisan nenek moyang “Tebat Serame” apabila tebat ini diberdayakan, selain meningkatkan ketahanan pangan, juga dapat mencegah stunting sehingga gizi masyarakat tercukupi,” ujar Alpian. (nb).

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT

LAHAT - Rabu, 27-Maret-2024 - 17:54

Guru Penggerak Terus Bertambah 

selengkapnya..

TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater