MINTA DUKUNGAN, WABUP & KETUA DPRD LAHAT TERIMA PRESIDIUM KABUPATEN BESEMAH

Jumat, 23-Oktober-2020, 19:39


LAHAT – Pemkab Lahat melalui Wakil Bupati H. Haryanto, S.E. bersama Ketua DPRD Kab. Lahat Fitrizal Homizi, S.T., menerima tim Presidium Pembentukan Kabupaten Besemah, di OPP Room Pemda Lahat, Jumat (23/10/2020).

Dalam rapat tersebut, Ketua Presidium Pembentukan Kabupaten Besemah, Aspan menjelaskan bahwa pihaknya membawa mandat dari masyarakat di 7 kecamatan yang ada di Kabupaten Lahat, yaitu Kecamatan Jarai, Muara Payang, Pajar Bulan, Tanjung Sakti Pumu, Tanjung Sakti Pumi, serta Sukamerindu yang telah ditandatangani oleh 200 kepala desa, untuk bergabung ke Pagaralam membentuk Kabupaten Besemah.

“Oleh karenanya, kami meminta dukungan dan fasilitas dari Pemkab beserta DPRD Lahat untuk merestui pelepasan 7 kecamatan tersebut. Untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Aspan.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPRD Lahat mengatakan akan menyetujui hal tersebut jika memang demi kepentingan masyarakat.

“Kita mendukung rencana tersebut jika tujuannya untuk memudahkan pelayanan masyarakat,” ucap Fitrizal.

Sementara itu, Wakil Bupati Lahat meminta waktu agar Pemkab Lahat dapat berkoordinasi dengan Pemkot Pagaralam untuk membahas rencana pelepasan 7 kecamatan tersebut.

“Nanti kita atur waktu untuk duduk satu meja bersama Pemkot Pagaralam,” kata Haryanto,

Di tempat yang sama, Sekretaris Presidium Pembentukan Kabupaten Besemah, Ahroji saat diwawancarai menjelaskan, selain meningkatkan pelayanan masyarakat, tujuan lainnya adalah penggabungan tanah Kewedanaan Pasemah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat serta pembangunan di desa melalui pendanaan dari Pemerintah Pusat.

“Perlu diketahui, Kota Pagaralam itu APBDnya 85% bersumber dari APBN, PAD murninya hanya 5%, tidak memiliki Anggaran Dana Desa seperti di kabupaten. Sementara kontur wilayahnya adalah desa-desa yang berstatus kota dan kelurahan. Jadi sangat sulit berkembang tanpa disupport dana dari pusat,” jelasnya.

Ahroji menambahkan, “Kota Pagaralam walaupun memiliki berbagai sumber PAD dari sektor Pariwisata, itupun belum memadai tanpa support dari Pemerintah Pusat,” tutupnya.

Hadir pula dalam rapat tersebut Wakil Ketua DPRD Lahat Sri Marhaini dan Anggota DPRD dari Dapil III Nopran Marjani, beserta Sekda Lahat H. Januarsyah, S.H. (Endi)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT

LAHAT - Rabu, 27-Maret-2024 - 17:54

Guru Penggerak Terus Bertambah 

selengkapnya..

TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater