KEREN ! TALANG TABUHAN PUNYA KAMPUNG INTERNET MURAH

Jumat, 23-Oktober-2020, 10:01


TALANG TABUHAN ENDIKAT ILIR – Warga di kabuoaten Lahat menikmati kampung internet murah tanpa batas. Mereka membangun jaringan internet sendiri berkat seorang warganya yang menjadi pionir.

Warga yang menikmati internet murah adalah warga Talang Tabuhan desa Endikat Ilir Kecamatan Gumay Talang kabupaten Lahat Talang/pemukiman yang terletak di Perbatasan antara Desa Muara Siban kecamatan Pulau Pinang dan Desa Edikiat Ilir terletak di jalan lintas Povisnsi Lahat-Pagar Alam.

Sudah seminggu terakhir, mereka menikmati fasilitas internet dengan murah dan tanpa batas. Fasilitas internet murah itu digagas Pirdaus (47).

Berbekal ilmu dan pengalaman bekerja di bidang teknologi informasi, Pirdaus berhasil membangun sendiri jaringan Wireles di kampungnya.

“Sekarang sudah sekitar 5 titik akses poin internet yang terpasang di rumah warga dalam waktu tiga hari,” kata Pirdaus, Jumat (23/10/2020).

Ada sekitar 17 kepala keluarga di talang tersebut yang kini menikmati fasilitas kampung internet murah. Mereka cukup membayar Rp 140 ribu per bulannya untuk mendapat fasilitas internet murah tanpa batas.
Dalam mengelolanya, Pirdaus membentuk Badan Usaha Milik Kampung (Bumka). Setiap bulannya, masyarakat membeli kuota internet seharga tersebut ke Bumka.
“Pembelian paketnya ke Bumka, nanti tinggal beli paketnya ke pengurus Talang/ketua Talang pengurus Bumka langsung,” ujar Pirdaus.

Langkah Pirdaus tersebut diapresiasi Masyarakat Gumay Talang . Sapri warga Talang Tabuhan mengacungkan jempol dan salut atas teobosan yang dilakukan Pirdaus tersebut
Jaringan internet yang dinikmati warga ini, sambung Sapri, mirip dengan Wifi. Namun, masyarakat dapat dengan murah meraih fasilitas internet unlimited.
“Apalagi jaringan internet ini dibangun dengan dari biaya sendiri,” ucap Sapri.
Sapri berharap pemerintah akan mendukung langkah yang dilakukan Pirdaus. Sebab, hal yang dilakukan Budi sangat bermanfaat untuk masyarakat banyak.

Bukan tak mungkin, kampung internet mandiri ini akan diterapkan di kampung-kampung lain di Kabupaten Lahat.

(ALIF)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT

LAHAT - Selasa, 16-April-2024 - 18:21

Polres Lahat Gelar Halal Bihalal

selengkapnya..

TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

MULAK ULU - Minggu, 14-April-2024 - 09:00

PENOMENA MISTIS TEBAT BESAK LAWANG AGUNG

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater