Puskesmas Pulau Pinang Sudah Dilengkapi Internet Kecepatan Tinggi

Polsek Kota Lahat dan Polsek Pulau Pinang Sudah Pasang

Senin, 19-Oktober-2020, 23:58


PULAU PINANG – Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan Kabupaten Lahat melalui dinas Kesehatan di Puskesmas Kecamatan Pulau Pinang terus memanfaatkan kemajuan teknologi informasi (TI) untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Lewat Prusahaan lokal berasis IT TIP Telekomunikasi , Sabtu 17/10 telah dilakukan pemasangan jaringan internet untuk puskesmas Pulau Pinang

Kepala Divisi Promosi dan Teknisi TIP Telekomunikasi Suwiting, S,Tt, menjelaskan hari Sabtu 17/10 ada 3 (tiga) titik yang menjadi lokasi program Internet kecepatan Tinggi digitalisasi ini untuk perkantoran dan layanan Publik .

“Tapi ini baru tahap awal. Di antaranya Puskesmas Pulau Pinang, Polsek Kota Lahat dan Polsek Pulau Pinang masing dikecamatan Kota Lahat ,” jelasnya.

Ditambahkan, jaringan internet yang dipasang menggunakan teknologi 4G FDD memampatkan Frekwensi 2300 Mhz Cat 19 Band 40 , sehingga kecepatan internet tinngi bisa dinikmati ditempat perkantoran dan layanan

“Kalau di wilayah itu ada jaringan atau tower Telkomsel , bandwidth-nya lebih besar,” terangnya.

Dengan ada jaringan internet ini, maka kelak petugas puskesmas di daerah yang belum terjangkau intenet bisa membuat rujukan BPJS online daerah terpencil dapat berkonsultasi secara realtime dengan dokter secara jarak jauh.

“Jadi rujukan BPJS online dan dokter yang berada di rumah sakit ibukota kabupaten bisa melayani banyak puskesmas. Dampak positifnya, tentu banyak sekali. Salah satunya, pasein tak perlu lagi harus dibawa menempuh jarak dan waktu yang lama hanya untuk bertemu dokter,” ulasnya.

Suwiting menerangkan, pihak puskesmas maupun dokter di rumah sakit terhubung dengan menggunakan sebuah aplikasi yang disebut Telemedicine Indonesia (Temenin).

Dengan aplikasi milik Kementerian Kesehatan ini, kedua belah pihak bisa bertatap muka secara virtual melalui layar komputer dan berkonsultasi semisal terkait Radiologi, EKG, hingga USG.

“Semoga saja pihak pemerintah kabupaten Lahat mendukung program ini, dengan memperbanyak titik-titik jaringan di puskesmas terpencil,” harapnya.

(DAUS)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

KIKIM TIMUR - Sabtu, 23-Oktober-2021 - 21:27

BANGUN GAPURA UNTUK MEMPERELOK MASJID AL HIDAYAH

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater