Jumlah Pengunjung

dgGEREg

Download Aplikasi

VIDEO

Petani Lesu Harga Cabai Anjlok

Jumat, 11-September-2020, 19:08


LAHATONLINE,Sirapulau- Petani Cabai di Kecamatan Kikim Selatan menjerit lantaran harga terus anjlok. Bagaimana tidak, dari harga biasa dijual sebesar Rp 15 ribu perkilo saat ini hanya dijual Rp 8 ribu per kilogram. Ruli (32), petani cabai mengaku, bahwa harga cabai merah dalam beberapa hari terakhir terus anjlok, sehingga kondisi tersebut membuat para petani cabai sulit untuk mengembalikan modal awal.

“Harga cabai merah ini semakin hari semakin anjlok dari harga biasa Rp 15 ribu per kilogram, kini hanya Rp 8 ribu perkilo. Dengan harga pasaran seperti ini, jangankan untung modal awal saja sulit untuk dikembalikan,” ucap Ruli

Lanjutnya, dengan anjlok harga jual cabai seperti saat ini membuat dirinya bersama petani cabai lainnya merugi. Sebab, jika dibandingkan dengan harga hanya Rp 8 ribu rupiah tersebut tidak sebanding dengan biaya pengolahan hingga perawatan. Terlebih, sebagian besar para petani cabai di wilayah Kecamatan Kikim Selatan sudah mengeluarkan modal yang cukup besar. Hanya saja, apa yang menjadi penyebab membuat harga cabai tersebut terus anjlok dirinya tidak mengetahui secara pasti.

“Apa yang menjadi penyebabnya kami tidak tahu, namun kami berharap harga cabai ini ada perubahan. Sehingga bisa mengembalikan modal awal kami untuk kembali melakukan tanam selanjutnya,” harapnya.

Sementara Kades Sirapulau Harunsuahri membenarkan, bahwa harga cabai tersebut anjlok beberapa hari terakhir, sehingga para petani merasa kurang puas dengan hasil panen yang mereka dapatkan. Namun terkait anjloknya harga cabai ini pemerintah Desa tidak bisa berbuat banyak, dan kita hanya berharap mereka tidak patah semangat untuk terus menanam cabai serta sayuran lainnya.

“Kita dari Desa hanya bisa mendorong agar warga kita ini untuk terus semangat berkebun cabai dan sayuran lainnya. Mudah-mudahan saja harga cabai ini bisa kembali normal seperti biasanya, sehingga petani cabai tidak merugi begitu juga dengan para pembelinya,” singkatnya. (Al/Lo)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT

LAHAT - Kamis, 25-Februari-2021 - 11:28

PERWIRA POLRES LAHAT DITEST URINE

selengkapnya..

MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

TANJUNG TEBAT - Rabu, 24-Februari-2021 - 16:30

AIR DINGIN BARU DI BINWAS CAMAT TANJUNG TEBAT

selengkapnya..

TANJUNG TEBAT - Rabu, 24-Februari-2021 - 16:27

CAMAT TANJUNG TEBAT BINWAS DI DESA PADANG PERIGI

selengkapnya..

TANJUNG TEBAT - Selasa, 23-Februari-2021 - 16:21

TANJUNG KURUNG ULU DI BINWAS TRIPIKA TANJUNG TEBAT

selengkapnya..

TANJUNG TEBAT - Selasa, 23-Februari-2021 - 16:16

TRIPIKA TANJUNG TEBAT GELAR BINWAS DI TANJUNG BARU

selengkapnya..

LAHAT - Senin, 22-Februari-2021 - 23:58

PAGAR AGUNG, KELURAHAN LAYAK ANAK

selengkapnya..

Investigasi

Berita Sebelumnya

PanCe

Siape & Tuape

Jajak Pendapat

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater