Harga TBS Sawit Naik, Buah Sawit Menurun

Minggu, 6-September-2020, 14:47


Lahatonline,Karang Endah – Kenaikan harga komoditi sawit membuat petani merasa senang, dari yang sebelumnya hanya Rp 400 perkilonya namun saat ini telah mencapai harga Rp 1400 perkilonya. Namun yang jadi masalah adalah buah sawit mengalami penurunan hasil buah, mengingat petani kurang melakukan pemupukan di saat harga sawit sebelumnya mengalami penurunan harga. Sabtu (5/9).

Sindi (26) salah satu pemilik kebun sawit di Desa Karang Endah Kecamatan Kikim Timur mengatakan, dirinya mengaku sangat senang karena harga buah sawit terus naik Tetapi penurunan buah tandan sawit dipengaruhi oleh faktor cuaca dan itu dianggap wajar karena tidak ada hujan sehingga lambat dalam pembuahan namun untuk harga masih stabil tidak turun dan tidak naik.

“Ya karena kemarau wajar terjadi penurunan buah sawit dan ini akan menjadi normal lagi saat musim hujan nanti,” jelasnya

Sementara itu menurut Iwan, toke sawit mengatakan bahwa pihaknya selaku pengepul juga mengalami penurunan secara signifikan TBS yang di terima selama musim kemarau.

“Cuaca panas menyebabkan pendapatan TBS menurun yakni 8 ton/hari, biasanya di musim hujan TBS yang saya terima bisa mencapai 50 ton/hari yang masuk ke lapak saya,” kata Iwannya

Menurut Iwan,Kendati produksi TBS menurun, harga tetap tergolong stabil,dan tidak turun.

“Kita disini ambil Rp.1400/Kg pak, kalau sedang turun harga bisa sampai 800/kilo tapi untuk saat ini harga masih stabil,” ungkapnya. (April/Lo)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN

LAHAT - Rabu, 27-Maret-2024 - 17:54

Guru Penggerak Terus Bertambah 

selengkapnya..

KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater