Terputus 1 Tahun, Akses Jl Simpang 5 Kembali Dibuka

Kamis, 3-September-2020, 12:45


SUKARAMI – Demi untuk meningkatkan kesejahteraan perekonomian masyarakatnya, kepala desa (Kades) Sukarami Kecamatan Kikim Barat, Kabupaten Lahat pada Rabu (02/09/2020), kemarin, secara bergotong royong membuka akses jalan Simpang 5.

Jalan yang sempat terputus atau tertutup selama 1 tahun itu, akhirnya kembali bisa dipergunakan kembali oleh masyarakat untuk membawa hasil kebun mereka.

Terbukanya akses jalur milik Kabupaten Lahat itu, dan kini sudah bisa dimanfaatkan setelah dilakukan secara bergotong royong antara kepala desa (Kades) Sukarami, Kades Purworejo Sp 6, dan Kades Lubuk Seketi, serta dari pihak Perusahaan yang ada.

“Awalnya, memang jalan milik Pemkab Lahat sudah setahun ini, tidak bisa dilalui warga karena terputus. Oleh sebab itu, kami secara bergotong royong melalui tiga kepala desa (Kades) dibantu perusahaan yang ada, kembali membuka Jl Simpang 5 tersebut, guna meningkatkan perekonomian masyarakat yang ada,” ungkap Kepala Desa (Kades) Sukarami Kecamatan Kikim Barat, Kabupaten Lahat, Mahdi, kemarin.

Untuk diketahui, sambung Mahdi, tujuan dibukanya lagi jalan Simpang 5 ini, agar masyarakat lebih mudah dan dekat ketika hendak menuju keluar dari Desa Purworejo Sp 6, termasuk Desa Sukarami dan Desa Lubuk Seketi, lebih singkat dan dekat.

“Setelah kami musyawarah, antar Kades dan Alhamdulillah kami sepakat untuk membuka akses menuju keluar dari Desa Purworejo Sp 6, karena kalau melalui jalur ini, jarak tempuh lebih dekat dan singkat dari desa kami,” tambahnya.

Ia menjelaskan, terus terang jalan milik Kabupaten Lahat itu, sudah satu tahun belakangan ini, tidak dimanfaatkan dan tidak bisa dilalui oleh masyarakat ditiga Desa Kecamatan Kikim Barat, Kabupaten Lahat, dikarenakan, dibeberapa titik jalan mengalami kerusakan seperti lubang besar dengan kedalaman mencapai dua meter lebih.

Sehingga, kata Mahdi, warga ditiga Desa sangat khawatir dan takut saat berkendaraan untuk melintas dilokasi Jalan Simpang 5 itu. Oleh karenanya, Pemdes desa Sukarami, Purworejo Sp 6, dan Desa Lubuk Seketi Kecamatan Kikim Barat Lahat, sepakat dan saling bahu membahu untuk membuka dan membangun jalur tersebut.

“Sudah 1 tahun belakangan ini, jalur Simpang 5 tersebut, tidak bisa dilalui oleh kendaraan masyarakat. Lantaran, dilokasi jalan ada beberapa titik lubang besar dengan kedalaman mencapai 2 meter, mengakibatkan susah untuk dilewati,” cetusnya.

Diakui kepala desa yang baru menjabat 8 bulan ini, perbaikan dan pembangunan jalur Simpang 5 yang ada, berkat kerjasama tiga Kades dan dibantu Perusahaan, sehingga, bisa selesai dan kembali diakses oleh masyarakat ditiga Desa.

“Kami sangat bersyukur sekali, pembangunan dan perbaikan Jalan Simpang 5 telah rampung kami kerjakan sepanjang kurang lebih Lima kilo. Supaya, perekonomian dan aktifitas ditiga desa dapat berjalan lancar lagi,” tutup Mahdi. (Din)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT

LAHAT - Selasa, 16-April-2024 - 18:21

Polres Lahat Gelar Halal Bihalal

selengkapnya..

TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

MULAK ULU - Minggu, 14-April-2024 - 09:00

PENOMENA MISTIS TEBAT BESAK LAWANG AGUNG

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater