Dinsos Lahat, Sosialisasi Verivikasi & Validasi DTKS di Kantor Camat Mulak Sebingkai

Rabu, 26-Agustus-2020, 10:21


KEBAN AGUNG – Bertempat di Kantor Kecamatan Mulak Sebingkai Kabupaten Lahat, Dinas Sosial (Dinsos) Lahat Sosialisasi Verifikasi dan Validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), Rabu, (26/08/20)

Sosialisasi Verivikasi dan Validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Lahat H. Iskandar, Camat Mulak Sebingkai Drs Erlambang MM, Ketua Forum Kades Mulak Sebingkai Wasrianto beserta seluruh Kepala Desa Mulak Sebingkai.

Dalam Sambutannya Kepala Dinas Sosial (Dinsos) H. Iskandar menyebutkan maksud diadakannya kegiatan ini untuk memperoleh data fakir miskin dan orang tidak mampu yang valid, tepat sasaran dan mutakhir.

“Sedangkan tujuannya antara lain adalah memeriksa keberadaan fakir miskin, memeriksa keakuratan dan kelengkapan data fakir miskin, memperbaiki dan dan melengkapi data fakir miskin dan menerima usulan data baru untuk selanjutnya dimasukkan ke Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Dengan adanya Sosialisasi dan Validasi ini, harapannya dihasilkan data yang mendekati valid. Sosialisasi ini sangat penting, karena semua kebijakan yang arahnya untuk membantu Rumah Tangga Miskin harus mengambil data dari DTKS”, Katanya

Proses verifikasi dan validasi DTKS sepenuhnya akan diserahkan ke Desa, karena yang mengetahui secara pasti kondisi masyarakat itu pemerintah desa.

H. Iskandar juga menyampaikan, Rencananya akan ditunjuk satu admin desa, tentunya yang mempunyai kemampuan IT bagus yang akan di latih pada bulan Oktober yang tugasnya mengupdate secara Off line DTKS. Dalam setahun data dari pusdatin direncanakannya akan release empat kali yaitu Januari, April , Juli dan Oktober, sehingga nantinya benar-benar mengahasilkan data yang mendekati valid.

Sementara Itu Camat Mulak Sebingkai Drs Erlambang MM Juga menjelaskan, bahwa dahulu yang Istilahnya Basis Data Terpadu (BDT). Untuk saat ini berganti menjadi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Dengan data yang mendekati valid nantinya semua bentuk bantuan akan tersalurkan kepada orang yang benar-benar membutuhkan.

Kami selaku Pemerintah Kecamatan sangat mengapresiasi kinerja Dinas Sosial (Dinsos) yang sudah Sosialisasi Verifikasi dan Validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Tahun 2020 ini. Sehingga akan menghasilkan data yang mendekati valid dan bantuan nantinya tidak lagi salah sasaran.

Erlambang juga berpesan kepada kepala desa dan petugas yang nantinya akan melakukan verifikasi dan validasi, agar tidak sembarang dan berhati-hati dalam memberikan data maupun informasi terkait masyarakat miskin”, Pungkasny.

Penulis Tahrim

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

PAJAR BULAN - Selasa, 23-April-2024 - 09:10

Puskes Pajar Bulan, Gelar Re – Akreditasi 

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater