Kades Wanaraya Harapkan warga Canangkan Manfaatkan Pekarangan Rumah Produktif

Minggu, 2-Agustus-2020, 19:27


LAHATONLINE,Wanaraya- Kepala Desa Wanaraya kecamatan Kikim Barat Warsanto mengatakan, pemanfaatan pekarangan rumah ini memang penting untuk membantu mengurangi beban masyarakat dalam mencukupi kebutuhan dapur.

“Jadi warga bisa memanfaatkan pekarangan rumah dengan menanam seperti bumbu dapur mulai dari cabai, bawang, seledri dan lainnya,ujarnya kepada Lahatonline.

Ketika nanti harga bumbu dapur semakin mahal dan warga memiliki pekarangan produktif tidak masalah, sebab kebutuhan rumah tangga bisa dipenuhi sendiri dengan menanam tanaman tersebut,

program tersebut akan sangat bermanfaat bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Maka dari itu, pihaknya terus menggelorakan supaya warga bisa mulai memanfaatkan pekarangan rumahnya menjadi produktif.

“Saya imbau mulai sekarang semua keluarga yang memiliki tanah pekarangan untuk dimanfaatkan dengan baik, maka warga tidak akan menjerit ketika harga bumbu dapur seperti cabai rawit melambung, karena bisa menghasilkannya sendiri di rumah, apa lagi keadaan saat masa Pendemik covid-19 sekarang ini harapnya.

Seperti kita ketahui banyak manfaat ketika memanfaatkan pekarangan rumah untuk dijadikan warung hidup. Di antaranya memberi suplai bumbu dapur gratis, menghijaukan lingkungan pekarangan rumah yang berdampak dapat mengurangi emisi karbon udara, juga sebagai ajang kreativitas keluarga serta banyak lagi manfaatnya.

Warsanto berharap warga dapat termotivasi kesadarannya untuk memanfaatkan lahan pekarangannya yang dapat mendukung peningkatan ekonomi keluarga.

Mengingat masih kurangnya kesadaran masyarakat untuk memanfaatkan lahan pekarangannya masing-masing.

“Saya harap dengan membuat warung hidup ini warga dapat mengurangi pengeluaran biaya hidup sehari-hari, apalagi saat harga bumbu dapur cukup mahal. Termasuk ke depannya jika sudah produktif bisa dijual dan menghasilkan rupiah,” ucapnya (April/Lo)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT

LAHAT - Rabu, 27-Maret-2024 - 17:54

Guru Penggerak Terus Bertambah 

selengkapnya..

TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater