Jumlah Pengunjung

dgGEREg

Download Aplikasi

WARGA DESA LUBUK MABAR AJAK BUPATI LAHAT BERKARANG

Rabu, 29-Juli-2020, 23:20


LAHAT- Masyarakat Desa Lubuk Mabar Kecamatan Pseksu Antusias sambut kedatangan Bupati Lahat Cik Ujang.SH bersama Sekda Lahat Januarsyah.SH. MM dan Kepala OPD menghadiri acara bekarang (mencari ikan) bersama masyarakat di aliran Sungai Desa Lubuk Mabar, Kecamatan Pseksu terasa berbeda, Rabu (29/7/2020).

Bupati Lahat Cik Ujang SH beserta Sekda Lahat Januarsyah. SH. MM juga ikut meramaikan aksi bekarang bersama warga setempat . Keduanya tanpak menikmati aksi bekarang dengan nyebur di sungai untuk menangkap ikan dengan mengunakan JALA bersama warga.

Dalam suasana pagi menjelang siang yang cerah makin menjadi riuh, tak kala Bupati dan Sekda serta Kepala OPD Pemkab Lahat itu mencoba menangkap ikan-ikan yang masih lincah terjerat jala warga. Kegiatan Bekarang yang pertama kalinya di Tahun 2020 diinsiasikan Bupati Lahat itu diramaikan oleh warga setempat yang kompak turun dan menangkap ikan ke sungai.

“Kegiatan bekarang ini tradisi sejak nenek moyang kita dahulu. Karena harus kita jaga, agar menjaga ekosistem di sungai,” ujar Bupati Lahat Cik Ujang SH saat membuka kegiatan bekarang tersebut.

Bekarang juga tradisi mengajak masyarakat menangkap ikan dengan cara yang benar sehingga tidak merusak habitat ikan di perairan. Tradisi yang juga berperan melestarikan habitat sungai dengan menangkap ikan secara tradisional tanpa bahan kimia atau peledak.

“Kegiatan bekarang ini, contoh, bagaimana dari dulu, nenek moyang kita sudah menjaga alam,”ungkapnya

Sementara itu juga sebelum menutup sambutannya Bupati Lahat Cik Ujang.SH menghimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga kelestarian habitat ikan di sungai ” Apabila ada oknum yang menangkap ikan di sungai dengan mengunakan putas
( Racun Ikan ) atau Strum Listrik, agar kirannya dapat melaporkan kepada Aparat kepolisian setempat atau melaporkan ke Bupati akan mendapat hadiah 3 Juta. Namun pelapor juga siap untuk menjadi saksi ” tegas Cik Ujang

Kominfo Lahat

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

PULAU PINANG - Rabu, 12-Agustus-2020 - 20:06

Pemerima BLT Dana Desa Kuba Bertambah 39 KK

selengkapnya..

GUMAY TALANG - Rabu, 12-Agustus-2020 - 10:47

Pemdes Muara Tandi Salurkan BLT-DD Tahap IV

selengkapnya..

LAHAT - Selasa, 11-Agustus-2020 - 19:08

TIM RELAWAN COVID 19 BATAI AKAN DI TARIK

selengkapnya..

Investigasi

Berita Sebelumnya

PanCe

Siape & Tuape

Jajak Pendapat

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater