Kades VS BPD Tanjung Kurung Ilir, DD Terancam Tidak Cair

BPD Tolak Tandatangani Pengesahan APBDes

Rabu, 22-Juli-2020, 10:14


Lahat – Polemik Pemerintahan Desa Tanjung Kurung Ilir, Kecamatan Tanjung Tebat, masih terus berlanjut. Bahkan pada hari Rabu (22/07/2020) ketidakselarasan antara pihak Kades dan BPD berujung pada mediasi bersama anggota Komisi I DPRD Lahat.

Ketidak sinkronan antara Kepala Desa dan perangkat dengan pihak BPD dikarenakan pihak BPD tidak mau menandatangani APBDes tahun 2020. Akibatnya BLT-DD Desa Tanjung Kurung Ilir tidak bisa tersalurkan.

Sempat terjadi ketegangan antara kedua belah pihak (Kades dan BPD) yang sama-sama mengatasnamakan keinginan masyarakat. Namun, ketegangan mencair saat anggota Komisi 1 DPRD Lahat menyarankan agar kembali digelar Musdes pada hari Sabtu mendatang.

Ketua BPD Desa Tanjung Kurung Ilir Astrawansyah mengungkapkan bahwa apa yang dilakukannya merupakan keinginan masyarakat.

“Jadi intinya kami pihak Kades mengadu ke DPRD bahwa kami tidak mau mengesahkan APBDes. Kami hadiri undangan DPRD Komisi 1 hari ini sekaligus menegaskan bahwa kami bukan tidak mau mengesahkan APBDes. Tetapi kami selaku BPD merupakan penyambung lidah masyarakat. Intinya masyarakat Desa Tanjung Kurung Ilir sudah tidak percaya lagi dengan kepemimpinan Juliansyah Putrawan sebagai kepala desa. Disebabkan anggaran tahun 2018 sudah ada hasil temuan atau Monev Inspektorat ada kerugian negara senilai 400 juta lebih. Sedangkan tahun 2019, kepala desa sudah mencairkan 2 termin. Sedangkan untuk realisasinya di lapangan, ada SPAL 50 meter dengan pipa paralon 30 batang. Jadi sebenarnya keinginan masyarakat kepada Pemkab Lahat agar ada PJS Kades di desa kami, sebab, desa kami sekarang terbengkalai,” ujar Astrawansyah saat diwawancarai.

Sementara itu Kepala Desa Tanjung Kurung Ilir, Juliansyah Putrawan, mengatakan bahwa hasil mediasi pada hari ini antara dirinya dengan BPD masih belum sinkron. Terkait penolakan pengesahan APBDes dinilainya kemungkinan karena adanya masalah pribadi.

“Jadi tujuan mediasi hari ini untuk menyinkronkan APBDes yang belum bisa direalisasikan. Jadi terhambat DD dan BLT-DD. Jadi tujuan mediasi ini adanya kesepakatan antara Pemdes dan BPD. Jadi sudah dijadwalkan Sabtu mendatang akan diadakan Musdes. Terkait penolakan pengesahan APBDes, saya kurang tahu penyebabnya mungkin masalah pribadi, saya tidak tahu. Masyarakat banyak yang mendukung terkait pencairan DD dengan disertai bukti tanda tangan. Ini sudah saya cek langsung ke lapangan,” ujar Juliansyah Putrawan.

Sutra Imansyah selaku anggota Komisi 1 DPRD Lahat mengaku sangat menyayangkan adanya perselisihan antara kedua kubu di Desa Tanjung Kurung Ilir.

“Pastinya kami menyayangkan. Sebenarnya kami lihat permasalahan yang berkembang adalah miss komunikasi antara Kades dan BPD. Jadi kita tunggu hasi Musdes yang akan mereka laksanakan hari Sabtu mendatang,” ujar Sutra Imansyah.

Dipertegas pula oleh Ketua Komisi 1 DPRD Lahat, Nizarudin. Mereka berharap hasil Musdes dapat menemukan kemufakatan bersama.

“Karena untuk menentukan kemufakatan bersama. Kalau tidak terjadi kemufakatan maka Pemerintah Daerah mengambil kebijakan. Karena roda pemerintahan desa harus berjalan. Terkait aduan masyarakat biarlah penegak hukum yang memutuskan dan menjalankan tugasnya,” ucap Nizarudin.

Dalam pertemuan ini turut hadir perwakilan masyarakat Desa Tanjung Kurung Ilir, Camat Tanjung Tebat, Kepala DPMD Kabupaten Lahat, Kepala Inspektorat Kabupaten Lahat, dan Anggota Komisi 1 DPRD Lahat selaku yang memediasi.

(Aan LO)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN

PAJAR BULAN - Selasa, 23-April-2024 - 09:10

Puskes Pajar Bulan, Gelar Re – Akreditasi 

selengkapnya..

KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

LAHAT - Selasa, 16-April-2024 - 18:21

Polres Lahat Gelar Halal Bihalal

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater