Diresmikan, Bupati Lahat Apresiasi Terbentuknya Pasar Tebing Abang

Senin, 13-Juli-2020, 15:21


Tanjung Payang – Pasar Tebing Abang Desa Tanjung Payang yang merupakan pasar tradisional dikelola BUMDes EMAS Desa Tanjung Payang diresmikan langsung Bupati Lahat, Cik Ujang dengan didampingi Wakil Bupati Lahat, H. Haryanto, unsur Forkompinda, Camat Lahat Selatan, dan SKPD Pemkab Lahat. Senin (13/07/2020).

Dalam sambutannya, Cik Ujang mengapresiasi terobosan BUMDes Tanjung Payang dalam menggerakkan ekonomi kerakyatan dengan membentuk sebuah pasar tradisional.

“Sangat baik sekali langkah yang dibuat oleh Kepala Desa Tanjung Payang dalam menggerakkan ekonomi kerakyatan. Dengan adanya pasar tradisional ini akan mewadahi UKM di desa dan luar desa serta akan menarik minat investor. Semoga pasar ini ke depannya semakin ramai dan Pemerintah Desa Tanjung Payang dan masyarakat semakin kompak untuk memajukan desanya,” ucap Cik Ujang.

Terkait jalan atau akses menuju pasar Tebing Abang Desa Tanjung Payang yang masih kurang lebar, Cik Ujang berjanji akan memikirkan dan segera akan melakukan tindakan pelebaran jalan.

“Karena debit kendaraan kian banyak dengan adanya pasar ini, maka kita akan upayakan untuk segera diadakan pelebaran jalan,” ungkapnya.

Pasar Tebing Abang sendiri telah dihuni oleh lebih dari 500 pedagang. Termasuk juga akan memberdayakan petani yang ingin menjual hasil pertanian dengan menyediakan lapak emperan.

Para pedagang tidak dikenai iuran bulanan atau tahunan, tetapi cukup membayar retribusi Rp. 5.000,- setiap hari jika berdagang.

Saat dikonfirmasi, Kepala Desa Tanjung Payang, Sapri (Icap), mengatakan bahwa pembentukan pasar merupakan cita-cita yang diidamkannya sebelum menjadi kepala desa.

“Dulu saya berpikir tentang terbentuknya pasar untuk menggiatkan ekonomi kerakyatan. Akhirnya setelah diamanahi menjadi kepala desa, saya realisasikan pembentukan pasar dengan dikelola oleh BUMDes. Tentang bagaimana pengaturan untuk income desa saya akan sesuai aturan dan serahkan semua tata kelolanya dari hasil musyawarah bersama pengelola BUMDes EMAS Tanjung Payang yang diketuai Pak Imran,” ujar Sapri (Icap).

Dalam peresmian ini, Bupati Lahat beserta jajaran berkesempatan berkeliling Pasar Tebing Abang dan menyapa para pedagang yang sudah mulai beroperasi.

(Aan LO)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT

LAHAT - Rabu, 27-Maret-2024 - 17:54

Guru Penggerak Terus Bertambah 

selengkapnya..

TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater