Jumlah Pengunjung

dgGEREg

Download Aplikasi

VIDEO

FORUM ANAK KABUPATEN LAHAT KUMANDANGKAN SUARA ANAK INDONESIA

Jumat, 10-Juli-2020, 09:04


LAHAT – Forum Anak Kabupaten Lahat (FAKL) sejak 14 juni sampai 23 juni 2020 lalu telah melakukan suatu gerakan yang telah melalui tahap pembahasan dan perumusan, dimana suara suara yang diambil berasal dari anak dan untuk anak yang kita ketahui sebagai Suara Anak Indonesia (SAI).

Ferco Arvian, selaku Ketua Fotum Anak Kabupaten Lahat, menjelaskan, “SAI adalah Suara Anak Indonesia yg akan diserahkan kepada bapak Presiden. Biasanya SAI dirumuskan pada saat Pertemuan Forum Anak Nasional (FAN). Tapi, tahun ini FAN itu di batalkan karena situasi kita dalam Pandemi COVID-19
Tapi, hal tersebut tidak menghalangi untyk dirumuskannya Suara Anak Indonesia 2020, karena banyak cara untuk melakukannya salah satunya dengan memanfaatkan teknologi.” ujar Ferco, Jumat (19/7/2020)

Perumusan suara pun diambil secara daring dan disebarluaskan kepada para anak anak.

Terdapat prinsip wajib dalam perumusan SAI, yaitu independen, representatif, inklusif, dan fleksibel. Metode yang di gunakan untuk merumuskan SAI, menampung aspirasi aspirasi anak, yaitu formulir online, konten kreatif, dengar pendapat, observasi media massa. Dalam hal ini kita tidak di haruskan menggunakan semuanya, boleh salah satu.

Tidak hanya itu, panitia perumusan SAI terbagi atas 3 tingkatan, kab/kota, provinsi, dan nasional. Panitia kab/kota menghasilkan SAI tingkat kab/kota berdasarkan aspirasi aspirasi anak anak di kab/kota, lalu panitia provinsi mengambil SAI tingkat kab/kota lalu meleburnya menjadi satu agar terbentuk suara anak provinsi, begitu juga nasional.

Adapun hasil dari penetapan Suara Anak indonesia tahun 2020 adalah sebagai berikut :

Kami Forum anak Kabupaten Lahat menyuarakan :

  1. Mendukung bidang pendidikan dengan meningkatkan kualitas tenaga pengajar dan pemerataan sarana prasarana (buku, fasilitas teknologi, olahraga dan seni) untuk menunjang minat dan bakat anak di sekolah Kabupaten Lahat.
  2. Mendukung kawasan lingkungan Kabupaten Lahat dengan menciptakan KBRA (Kawasan Bermain Ramah Anak), KTR (Kawasan Tanpa Rokok) dan RBT (Ruang Belajar Terbuka).
  3. Mengaktifkan kembali PATBM (Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat) dan Puspaga (Pusat Pembelajaran Keluarga).
  4. Pemerataan fasilitas kesehatan di rumah sakit maupun puskesmas di berbagai daerah Kabupaten Lahat untuk menunjang pelayanan kesehatan terhadap masyarakat, khususnya anak.
  5. Beasiswa berdasarkan kategori yang disesuaikan dengan syarat-syarat yang telah ditentukan. Misalnya, anak-anak yang putus sekolah namun mampu di bidang akademik maupun non akademik.
  6. Pengadaan festival budaya anak untuk mengenal kan budaya-budaya nusantara.

Sebagaimana di ketahui Hari Anak Nasional akan di peringati setiap pada tanggal 23 Juli

(TALITHA)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

KOTA AGUNG - Sabtu, 31-Oktober-2020 - 22:11

Akses Jalan Selepah Licin dan Berlubang

selengkapnya..

TANJUNG SAKTI PUMI - Sabtu, 31-Oktober-2020 - 16:56

Harnojoyo Gratiskan Biaya Masuk Agrowisata Tanjung Sakti

selengkapnya..

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG

LAHAT - Jumat, 30-Oktober-2020 - 18:50

SMP Negeri 7 Desa Ulak Mas Terbakar

selengkapnya..

GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

LAHAT - Kamis, 29-Oktober-2020 - 14:55

HMI LAHAT BAKSOS KE PANTI ASUHAN HIKMAH

selengkapnya..

Investigasi

Berita Sebelumnya

PanCe

Siape & Tuape

Jajak Pendapat

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater