Jumlah Pengunjung

dgGEREg

Download Aplikasi

TIM PKK DESA WANARAYA MENFAATKAN LAHAN KOSONG UNTUK BERCOCOK TANAM

Kamis, 9-Juli-2020, 18:32


LAHATONLINE,Wanaraya – Ketua TP PKK Desa Wanaraya Kecamatan Kikim Barat, Meli supianti mengajak masyarakat khususnya ibu-ibu di daerah itu untuk memanfaatkan pekarangan dengan menanam sayur.

Dengan menanam sayur di pekarangan milik sendiri, ibu-ibu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli sayur mayur, karena sudah tersedia di lingkungan sekitar.

“Jika kita memanfaatkan lahan atau pekarangan untuk menanam sayur, kita tidak perlu membeli di pasar atau menunggu datangnya penjual sayur dan kita dapat berhemat,” tambah dia.

Selain berhemat, jika hasil panen melimpah maka tidak menutup kemungkinan hasil panen tersebut dijual kepada masyarakat di lingkungan sekitar, sehingga menjadi sumber pemasukan baru bagi keluarga.

Untuk menanam sayur, lanjut dia, tidak diperlukan lahan yang luas. Bagi ibu-ibu yang memiliki lahan pekarangan sempit juga bisa memanfaatkan lahan itu untuk bercocok tanam.

“Bagi ibu-ibu yang pekarangannya sempit tetap bisa bercocok tanam dengan menggunakan media tanam hidroponik. Jadi pekarangan sempit jangan sampai menjadi kendala bagi kita untuk bercocok tanam,” paparnya.

Dia mengatakan, terkait pemanfaatan lahan dan pekarangan, TP PKK memiliki program unggulan yakni Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman atau biasa disebut dengan Hatinya PKK.

Secara umum, lanjut dia, program PKK memiliki tujuan untuk menciptakan halaman rumah yang rindang dan tertata rapi, serta memiliki manfaat dalam memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari.

Sebagai Ketua TP PKK Desa Wanraya sudah mulai menerapkan program PKK, ketangan Pangan dengan menanam sayur, bumbu, dan buah-buahan di pekarangan rumah, yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari.

Dia menyebut, beberapa jenis sayur, bumbu, dan buah-buahan yang ditaman di pekarangan rumahnya antara lain adalah pare, kacang panjang, singkong, cabai, tomat, pepaya, serai, waluh, dan terong, Kangkung.

“Khusus kader PKK,hendaknya menjadi contoh dalam penerapan program PKK kepada ibu-ibu di lingkungan masing-masing,” demikian (April/Mg3)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

PULAU PINANG - Rabu, 12-Agustus-2020 - 20:06

Pemerima BLT Dana Desa Kuba Bertambah 39 KK

selengkapnya..

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

GUMAY TALANG - Rabu, 12-Agustus-2020 - 10:47

Pemdes Muara Tandi Salurkan BLT-DD Tahap IV

selengkapnya..

LAHAT - Selasa, 11-Agustus-2020 - 19:08

TIM RELAWAN COVID 19 BATAI AKAN DI TARIK

selengkapnya..

Investigasi

Berita Sebelumnya

PanCe

Siape & Tuape

Jajak Pendapat

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater