Jumlah Pengunjung

dgGEREg

Download Aplikasi

Sebelum Masuk Sel Warga Binaan Dilakukan Rapid Tes

Rabu, 8-Juli-2020, 22:06


Lahat Sumsel – Ruang lembaga pemasyarakatan yang mulai tidak sebanding dengan jumlah tahanan yang ada membuat Lapas klas II A Lahat menggelar Rakor bersama Tripika Lahat di aula Kejari Lahat Rabu (8/7). Hasilnya, agar para Napi terhindar dari baha virus Copid 19 maka seluruh warga binaan agan dilakukan Rapid tes yang dibiayai Pemkab Lahat.

     Kepala Lapas Klas II A Lahat Maliki, SH MH mengatakan, rakor tersebut digelar sebagai tindak lanjut arahan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM), dengan memperhatikan permintaan Kepolisian, dan Kejaksaan untuk memindahkan tahanan ke Lapas/Rutan karena terbatasnya Ruang Tahanan di Polda dan Polres. Sehingga, berdasarkan surat edaran yang ada, maka Kepala Lapas/Rutan/LPKA dapat menerima tahanan Pengadilan Negeri (Tahanan A3) dapat dilakukan dengan ketentuan yang sangat mengikat dan detail.

“Hasilnya diambil sebuah kesepakatan yakni, A3 dapat diterima di Lapas Lahat dengan catatan telah dilakukan prosedur sesuai dengan surat edaran dan telah melakukan Rapid Tes yang keseluruhan biaya yang ditimbulkan akan ditanggung Pemkab Lahat. Bagaimanapun juga tahanan dan Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas juga merupakan masyarakat Lahat yang saat ini sedang mejalani ujian istimewa di Lapas,”ujarnya.

Kepala Kejaksaan Negeri Lahat Fithrah SH MH menuturkan, kegiatan pertemuan untuk mempermulus aparat penegak hukum untuk bisa melaksanakan rapid tes kepada tahanan, menyamakan persefsi. Sebelum tahanan di pindahkan masuk ke Lapas kelas IIA Lahat, harus harus Rapid Test, untuk menjaga tahanan yang ada di dalam itu sendiri, hal ini untuk kewaspadaan jangan sampai tahanan terinfeksi dalam penyebaran Virus Corona atau Covid 19.

“Jaksa harus menyerahkan tahanan itu salah satunya harus dengan rapid test, pada hari ini tahanan yang proses sidang ada 31 orang dari tahanan dari Polres dan melaksanakan Rafid Test bila hasilnya sudah keluar, barulah dipindahkan ke Lapas Lahat,” pungkasnya. (Man)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

PULAU PINANG - Rabu, 12-Agustus-2020 - 20:06

Pemerima BLT Dana Desa Kuba Bertambah 39 KK

selengkapnya..

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

GUMAY TALANG - Rabu, 12-Agustus-2020 - 10:47

Pemdes Muara Tandi Salurkan BLT-DD Tahap IV

selengkapnya..

LAHAT - Selasa, 11-Agustus-2020 - 19:08

TIM RELAWAN COVID 19 BATAI AKAN DI TARIK

selengkapnya..

Investigasi

Berita Sebelumnya

PanCe

Siape & Tuape

Jajak Pendapat

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater