Jumlah Pengunjung

dgGEREg

Download Aplikasi

Kopi “Kiroh” Branding Lokal Memanfaatkan Potensi Daerah

Minggu, 21-Juni-2020, 20:36


Kota Agung, Lahatonline – Mengembangkan produk lokal dengan potensi sendiri, inilah yang memotivasi salah satu pengembang produk Kopi kemasan dari kecamatan Kota Agung. Berawal dari usaha sampingan dengan kerjasama beberapa orang, brand Kopi lokal ini kini kian ciamik.

Cica, perempuan muda yang tertarik untuk kian mengembangkan nilai tambah dari produk kopi lokal daerah Kota Agung, walau dulu sempat dimotori oleh beberapa rekannya, hanya karena kesibukan masing-masing kerjasama itu sempat terhenti.

Mengoptimalkan kemasan, kini menjadi prioritas pengelolah produk kopi bubuk merek ‘Kiroh’ ini. Apalagi kini ada tambahan sumber daya yang coba memberikan sentuhan lain brand kopi kemasan mereka.

“Dulu memang kita sudah mulai dengan join bersama beberapa kawan-kawan, tetapi karena masing-masing punya kesibukan, tentu waktu untuk kian mengembangkan rintisan ini mulai terbatas,” terang Cica kepada pewarta, Minggu (21/6).

Secara pemasaran, sejak dimulai produk kopi ini telah mendapat sambutan dari masyarakat, tak hanya warga lokal kecamatan Kota Agung dan kabupaten Lahat, ternyata produk mereka ini sudah dipesan oleh jeme Lahat yang ada dirantauan.

“Artinya antusiasme dan minat cukup banyak, apa yang mereka rindukan dari rasa khas kopi jeme kite dapat terobati dengan rasa kopi ‘Kiroh’ tersebut,” ungkap Cica.

Yang menjadi catatan dalam rintisan usaha ini diantaranya adalah bagaimana memenuhi pesan yang ada, kemudian kalau dulu mereka masih memakai kemasan plastik biasa. Kini dengan kemasan yang lebih modern dan elegan, kopi lokal mulai terasa nilai saingnya.

“Kenapa kemasan jadi catatan, hal ini terkait dengan perjalan produk hingga sampai ke tangan pemesan. Artinya bisa dikatakan kemasan juga berpengaruh pada kualitas produk ini,” lanjutnya.

Jika kemasan baik dan terjaga, nilai jual secara tidak langsung akan naik, ini tentu nilai lebihnya. Kalau dulu tahapan produksinya belum dimaksimalkan, sekarang hal ini menjadi bagian yang sangat penting.

Terus Mengembangan Produk

Untuk kian menjadi kopi Kiroh sebagai brand, Cica juga dibantu oleh sang adik yang merupakan alumni Universitas ternama di Sumatera Selatan.

“Kita masih perlu belajar dan dukungan dari banyak pihak, syukurnya saat ini ada adik kita yang bersedia membantu dalam pengembangannya. Kemasan baru salah satu contoh yang telah kita upgrade menjadi lebih baik,” terang Cica.

Sampai saat ini usaha rumahan ini masih terkendala kapasitas produksi, tentu dengan keterbatasan tenaga dan sarana produksi. Dalam 1 kali produksi kapasitasnya hanya 8 kilogram saja, itu tergantung pada orderan yang diterima.

“Varian yang kita sediakan baru 2 macam, pertama kopi rasa original dan kedua rasa Jahe. Kalau harga tentu masih sangat terjangkau, yang original kita jual Rp15 ribu kemasan 200 gram, sementara rasa Jahe Rp20 ribu,” urainya.

Jika berminat dalam kemasan kiloan, original dihargai Rp65 ribu sedangkan rasa Jahe Rp100 ribu. Dan untuk memperolehnya bisa kontak ke WA Cica 085368251234, di toko Ani (Tanjung Laut Kota Agung) dan beeberapa tempat lainnya, serta media sosial IG @kopikiroh_originaltaste dan FB @ Cica Anggriani LeoSidin.

Walau dengan rasa yang khas, kendala produksi juga terkadang ditambah dengan suplai bahan baku sesuai standar mereka tak mencukupi.

“Hal ini juga jadi catatan dalam produksi, untuk saat ini produksi kita hanya 1 kali dalam seminggu. Tetapi bila ada pesanan yang kita upayakan dengan mengkomunikasikan kepada pemesan, agar mereka bisa maklum dengan pola produksi kita itu,” tuturnya.

Saat ditanya jika ada kesempatan untuk berkerjasama dengan pihak lain, Caca mengatakan siap, asal dilandasi keinginkan mengembangkan potensi lokal, saling mendukung dan menguntungkan kedua bela pihak.

“Kalau ada, boleh kita jajaki dulu bagaimana polanya, kita tak menutup kesempatan itu. Ya balik lagi tentu agar semua pihak diuntungkan,” pungkasnya.(*)

Penulis : Indi | Editor : Indi

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT - Senin, 10-Agustus-2020 - 12:53

Update Data Covid-19 PT Bukit Asam Tbk

selengkapnya..

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN

LAHAT SELATAN - Senin, 10-Agustus-2020 - 09:16

DESA KERUNG BAGIKAN BLT DD TAHAP 1 GELOMBANG 2

selengkapnya..

LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

PULAU PINANG - Jumat, 07-Agustus-2020 - 20:15

Pantauan Masih Jadi Tradisi di Desa Kuba

selengkapnya..

GUMAY TALANG - Kamis, 06-Agustus-2020 - 19:05

JALAN LINTAS SP3 PALEMBAJA DI TIMPA TIANG LISTRIK

selengkapnya..

Investigasi

Berita Sebelumnya

PanCe

Siape & Tuape

Jajak Pendapat

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater