Jumlah Pengunjung

dgGEREg

Download Aplikasi

Pendataan Pemudik, Indentifikasi Dini Pandemi Corona

Minggu, 29-Maret-2020, 20:39


Kota Agung, LAHATONLINE – Minggu ini pihak kecamatan Kota Agung mulai melakukan pendataan warga yang kembali ke desa (mudik). Edaran laporan warga pemudik yang pulang ke desa dilakukan dengan koordinasi pihak kecamatan.

Hal ini dilakukan sebagai upaya deteksi dini pandem43i Corono di wilayah kecamatan Kota Agung, selain adanya penomena mudik dadakan yang dilakukam oleh warga perantau.

Pihak kecamatan melalui Kepala Seksi Pemerintahan Desa (Kasi Pemdes) telah mengarahkan pendataan ini melalui Kepala Desa masing-masing.

Camat Kota Agung Marsi S.E. melalui Kasi Pemdes Mujiono membenarkan pendataan ini, menurutnya secara berkala data yang disampaikan diupdate sesuai kondisi terkini.

“Penyampaikan telah kita lakukan melalui media sosial forum kecamatan, setiap data yang masuk akan kita teruskan ke kabupaten melalui Dinas Kesehatan,” terang Muji.

Hal ini lanjut Muji, sebagai deteksi dini pandemi Corona, mengaingat penyebaran dari daerah yang potensial adalah melalui mereka yang berada diwilayah paparnya.

Selain himbau dan sosialisasi dari perangkat terkait virus Corona ini, sampai berita ini dibuat, terdata belasan warga mudik yang kini ada di kampung halamannya.

Menuruta informasi, itu baru beberapa desa saja, karena belum semua desa menyampaikan data. Dengan data ini akan dipetakan daerah mana saja yang berpotensi penularannya melalui warga mudik.

“Hanya untuk saat ini kita belum menemukan hal yang dikhawatirkan, umumnya mereka mudik dengan alasan habis kontrak kerja sampai kekhawatiran pribadi,” kata Muji lagi.

Jika ada signal arah paparan kita juga arahkan mereka untuk cek awal ke petugas medis yang ada di desa. Setelah itu akan diberikan penanganan bila terindikasi ada gejalanya.

“Untuk data terkini nanti akan kita sampaikam kepada masing-masing pemangku kepentingan, Insya Allah kecamatan kita masih kondisi aman,” jelanya.

Proses penyampain data pemudik ini dibenarkan oleh salah satu Kepala Desa di kecamatan Kota Agung, Hengki Kades Tanjung Beringin berujar pemintaan format data warga mudik telah disampaikannnya.

“Terakhir data yang kita sampaikan 8 orang, rata-rata mereka pulang adalah pelajar dan mahasiswa yang tengah menuntut ilmu. Karena wabah ini sekolah atau kampus diliburkan sesuai instruksi pemerintah,” ujarnya.

Data dari desa yang masuk adalah Tanjung Beringin 8 orang, Kebun Jati 9 orang dan Karang Agung 6 orang, Lawang Agung 10 orang, Tunggul Bute 8 orang.(*)

Penulis : Indi | Editor : Indi

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

KIKIM BARAT - Kamis, 04-Juni-2020 - 23:50

DPRD LAHAT DAVIL V ADAKAN RESES DI PT SMS

selengkapnya..

GUMAY TALANG - Kamis, 04-Juni-2020 - 22:03

Kades Tanah Pilih Tak Lakukan Nepotisme BLT

selengkapnya..

KIKIM BARAT - Kamis, 04-Juni-2020 - 19:01

MEKAR JAYA SALURKAN BANTUAN BLT DD

selengkapnya..

GUMAY TALANG - Kamis, 04-Juni-2020 - 19:00

Sugih Waras Salurkan BLT Tahap Kedua 38 KK

selengkapnya..

GUMAY TALANG - Kamis, 04-Juni-2020 - 18:05

Pemdes Muara Tandi Salurkan BLT Tahap Ke Dua

selengkapnya..

Investigasi

Berita Sebelumnya

PanCe

Siape & Tuape

Jajak Pendapat

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater