Jumlah Pengunjung

dgGEREg

Download Aplikasi

SRI MELIYANA, HIMBAU MASYARAKAT AKTIF SP2020

Jumat, 21-Februari-2020, 08:10


JAKARTA – Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra, Anggota Komisi IX Sri Meliyana, menghimbau masyarakat Sumatera Selatan, khususnya Kabupaten Lahat untuk berperan aktif dalam mensukseskan Sensus Penduduk Online 2020, Jumat (21/2/20)

Sri Meliyana, mengatakan bahwa Data merupakan hal yang sangat penting dan berharga. Data digunakan oleh pemerintah untuk melakukan perencanaan dan membuat berbagai kebijakan seperti pelayanan publik, perencanaan pembangunan, alokasi anggaran pembangunan, pembangunan demokrasi dan penegakan hukum serta pencegahan kriminalitas dan lain2.

Sebagai contoh Program Keluarga Harapan (PKH), Program Indonesia Sehat ( dikenal dengan Kartu Indonesia Sehat /KIS), Program Indonesia Pintar (PIP) adalah program yang berbasis data. Kesalahan data penduduk akan menyebabkan program2 ini salah sasaran dan tidak tepat guna.

Sensus Penduduk Online 2020 akan mewujudkan Satu Data Kependudukan Indonesia.  Hasil SP2020 tidak hanya bermanfaat untuk perencanaan masa kini namun juga proyeksi sampai 2050.

Seiring dengan era revolusi industri 4.0 yang menekankan kepada sistem digitalisasi menuju era big data, SP2020 memasuki babak baru dari sisi metodologi juga penggunaan perangkat teknologi pengumpulan data.

Pada SP2020, masyarakat didorong untuk berpartisipasi aktif dalam Sensus Online dengan moda CAWI (Computer Aided Web Interviewing). Kita diminta mengisi data diri secara mandiri melalui tautan di https://sensus.bps.go.id.

Bahkan Badan Pusat Statistik (BPS) menyediakan fasilitas cek keberadaan melalui laman https://sensus.bps.go.id/cek yang dapat dimanfaatkan untuk memeriksa terlebih dahulu keberadaan seseorang di dalam database. Ini akan menentukan apakah yang bersangkutan dapat berpartisipasi di Sensus Penduduk Online atau tidak.

Di samping itu, BPS juga menggunakan moda CAPI (Computer Aided Personal Interviewing) untuk mewawancara penduduk yang tidak mengisi sensus online. Penggunaan perangkat ini mampu mempercepat proses pengolahan data.

Sensus penduduk online sangat tergantung dari partisipasi aktif masyarakat untuk mengisi data diri secara mandiri. Sensus Penduduk Online dimulai pada 15 Februari 2020 hingga 31 Maret 2020.

Mari kita dukung sensus penduduk 2020 dengan cara mengisi data diri secara mandiri pada bulan Februari-Maret 2020, atau menerima kunjungan petugas sensus pada bulan Juli 2020.

(SM)

Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN

PULAU PINANG - Selasa, 31-Maret-2020 - 18:31

Cegah Corona, Karang Dalam Semprot Disinfektan

selengkapnya..

LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI

LAHAT - Selasa, 31-Maret-2020 - 17:35

GLPS Segera Lakukan Aksi Bagi Masker

selengkapnya..

TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

MERAPI BARAT - Senin, 30-Maret-2020 - 11:09

TANJUNG PINANG MERAPI BARAT LAWAN VIRUS CORONA

selengkapnya..

Jumlah Pengunjung

dgGEREg

Investigasi

Berita Sebelumnya

PanCe

Siape & Tuape

Jajak Pendapat

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater