Virus Corona, Dinas Kesehatan Lahat Kirim Surat Edaran ke Tiap Puskesmas

Selasa, 28-Januari-2020, 15:15


Lahat – Terkait virus Corona yang kini mewabah di Kota Wuhan, Republik Rakyat Tiongkok. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit telah mengirimkan surat edaran untuk Kepala Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten seluruh Indonesia.

Dalam surat edaran pada tanggal 6 Januari 2020 dengan Nomor: SR.03.04/ll/55/2020 berisikan tentang Kesiapsiagaan Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Penyakit Pheumonia dari Republik Rakyat Tiongkok ke Indonesia.

Menindak lanjuti surat edaran tersebut, pihak Dinas Kesehatan Lahat telah mengirimkan surat terusan berupa instruksi ke seluruh Puskesmas yang ada di wilayah Kabupaten Lahat.

Hal ini dijelaskan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat, Ponco Wibowo Melalui Kabid P2P Agustia Ningsih, saat dikonfirmasi pewarta.

Menurut Agustia Ningsih, pihak Dinkes Lahat memberikan instruksi ke setiap Puskesmas untuk melakukan tindakan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dengan mengambil langkah-langkah deteksi dini dan pencegahan.

“Kita menginstruksikan untuk melakukan pengamatan terhadap peningkatan kasus pheumonia yang terjadi di wilayah kerjanya. Memberikan komunikasi informasi dan edukasi kepada masyarakat tentang pheumonia dan cara mencegah penularannya (Dengan cuci tangan pakai sabun dan etika batuk atau bersin) serta anjuran agar segera memeriksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat, bila mengalami gejala demam, batuk, sesak, dan gangguan pernafasan serta memiliki riwayat perjalanan dari negara terjangkit dalam waktu 14 hari sebelum timbul tanda gejala dalam bentuk penyuluhan media cetak dan elektronik. Segera melaporkan jika terjadi kasus suspek Pheumonia Berat yang memiliki riwayat perjalanan dari negara terjangkit yang ditemukan ke Bidang P2P melalui seksi P2PM Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat,” ujar Agustia Ningsih. Selasa (28/01).

Lebih lanjut Agustia Ningsih mengatakan dalam waktu dekat mereka akan melakukan sosialisasi terkait Pheumonia atau virus Corona ke masyarakat bersama TP PKK Lahat.

(Aan LO)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

PAJAR BULAN - Selasa, 23-April-2024 - 09:10

Puskes Pajar Bulan, Gelar Re – Akreditasi 

selengkapnya..

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

LAHAT - Selasa, 16-April-2024 - 18:21

Polres Lahat Gelar Halal Bihalal

selengkapnya..

MULAK ULU - Minggu, 14-April-2024 - 09:00

PENOMENA MISTIS TEBAT BESAK LAWANG AGUNG

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater