Selain Bencana Alam, Jembatan Mulak Ulu Putus Juga Karena Ulah Manusia

Selasa, 31-Desember-2019, 22:58


LAHAT ONLINE, AIR PUAR – Akibat hujan lebat yang mengakibatkan arus air sungai sangat deras sehingga menyebabkan jembatan yang menghubungkan Kabupaten Lahat dan Muara Enim di Kecamatan Mulak putus, semua pihak turut prihatin.

Akibat putusnya jembatan tersebut, akses masyarakat dari Desa Air Puar hingga desa yang ada di perbatasan Semendo tidak bisa melintasinya dan hari ini masyarakat berinisiatif membangun jembatan alternatif dengan bahan seadanya.

Salah satu pemerhati lingkungan, Eko mengatakan faktor utama ambruknya jembatan tersebut mungkin memang dikarenakan karena alam, namun ulah manusia juga berperan disana.

“Mungkin karena adanya kayu kayu yang besar karena penebangan liar hanyut di sungai dan menghantam jembatan dan mungkin juga karena di sekitar sana memang ada galian C, meski pun manual, tentu itu berpengaruh,” ujarnya.

Karena itu, dirinya berharap agar jembatan putus tersebut, serta banjir bandang yang ada di Desa Keban Agung Kecamatan Mulak Sebingkai dapat dijadikan pelajaran, agar kita peduli terhadap lingkungan.

“Banjir bandang tidak akan terjadi begitu parah jika hutan kita masih rimbun dan aktivitas galian C tak berlebihan. Karena itu, sebelum bertindak, fikirkan masyarkat banyak,” tandasnya.

Akibat jembatan putus dan banjir bandang di kawasan Mulak Ulu dan Mulak Sebingkai tersebut, banyak menarik perhatian, bahkan Gubernur Sumsel, Herman Deru terjun ke lokasi sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat yang tertimpa bencana banjir. (Ir22)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN

LAHAT - Rabu, 27-Maret-2024 - 17:54

Guru Penggerak Terus Bertambah 

selengkapnya..

PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater