Bumdes Semidang Jaya Desa Nantal Tingkatkan Ekonomi Petani

Sabtu, 7-Desember-2019, 18:26


LAHAT ONLINE, NANTAL – Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Semidang Jaya Desa Nantal berdiri sejak 2018 yang saat ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat  khususnya para petani.

Hal tersebut di karenakan Bumdes Semidang Jaya bergerak di bidang pertanian, berupa penggilingan padi dengan sarana yang sudah lengkap, seperti lapangan penjemuran padi, timbangan dan alat transportasi pengangkut padi.

Kepala Desa Nantal, Kusen mengatakan bahwa Bumdes Semidang Jaya merupakan solusi bagi para petani yang kesulitan menjual hasil panen dengan harga yang pantas saat musim panen tiba.

“Karena itu, hasil panen petani kami beli dengan harga yang relatif mahal. Mengingat saat musim panen, harga beras biasanya jatuh, karena permainan tengkulak,” ujarnya.

Lebih lanjut, Kusen menuturkan bahwa saat ini Bumdes Semidang Jaya sudah berjalan dan di kelola oleh pengurus yang bertujuan untuk meningkatkan ekonomi para petani.

“Dengan peralatan, serta sarana dan prasarana yang cukup. Kami optimis Bumdes Semidang Jaya ini kedepam dapat bertahan dan berkembang,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Lahat Selatan, Windo Ario Putra mengaku Bumdes di Desa Nantal sangat pas dengan potensi yang ada di desa tersebut, yakni berupa pertanian.

“Karena mayoritas masyarakat Nantal bekerja sebagai tani. Karena itu, Bumdes yang bergerak di bidang pertanian ini sangat tepat, mengingat hamparan sawah di desa tersebut cukup luas,” katanya. (Ir22)

Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

KIKIM TIMUR - Selasa, 28-Januari-2020 - 20:23

Hujan, Jalan SP 1 Palembaja Kian Sulit

selengkapnya..

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT SELATAN - Selasa, 28-Januari-2020 - 19:37

Nopran Pastikan SD/SMP di dapil III Terima Mobiler

selengkapnya..

PAGAR GUNUNG - Senin, 27-Januari-2020 - 23:19

Banjir Rendam Kebun Warga Bandung Agung

selengkapnya..

MERAPI TIMUR - Senin, 27-Januari-2020 - 07:10

HUJAN DERAS, LINTAS BANJARSARI LONGSOR

selengkapnya..

LAHAT SELATAN - Minggu, 26-Januari-2020 - 22:50

Nopran Pastikan Hasil Musrenbang Adil dan Merata

selengkapnya..

Jumlah Pengunjung

dgGEREg

Investigasi

Berita Sebelumnya

PanCe

Siape & Tuape

Jajak Pendapat

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater