Camat Kota Gelar Sosialisasi Dana Kelurahan

Kamis, 14-November-2019, 13:33


Lahat – Sebanyak 16 Kelurahan yang ada di Kabupaten Lahat, sebentar lagi akan mendapatkan kucuran dana kelurahan termin kedua yang bersumber dari APBN. Maka dari itu, Kecamatan Lahat Kota menggelar Sosialaisasi melaksanakan surat edaran menteri dalam negeri tentang petunjuk pelaksanaan pembangunan sarana dan prasarana perberdayaan masyarakat di kelurahan tahun anggaran 2019, di aula kantor camat kota Lahat. Kamis (15/11/19).

Sebagai salah satu Narasumber dari Pejabat Pengadaan dan Pejabat Pemeriksa Hasil Pekerjaan (PJPHP) Maruli, S.STP.pi menjelaskan kepada Lurah se-kabupaten Lahat bahwa, sosialisasi dana kelurahan tersebut untuk mengsinkronasisasikan antara pekerjaan dan lurah serta masyarakat. Dimana dalam tahap persiapan, pelaksanaan dan pengawasan serta serah terimah hasil pekerjaan berpedoman kepada Swakelola Tipe IV.

“Untuk pedoman kita memakai Swakelola Tipe IV, PA/KPA menetapkan sasaran output (keluaran) Swakelola Tipe IV sebagaimana yang telah ditetapkan pada dokumen kinerja/anggaran,” jelas Maruli.

Lebih ia menerangkan, Pimpinan Kelompok Masyarakat menetapkan Penyelenggara Swakelola yang terdiri dari Tim Persiapan, Tim Pelaksana dan Tim Pengawas Swakelola. Penyelenggara Swakelola Tipe IV terdiri dari pengurus maupun anggota Kelompok Masyarakat pelaksana swakelola.

PPK sendiri dapat menugaskan pegawai pada instansi penanggung jawab anggaran atau tenaga ahli/teknis/narasumber untuk melakukan pendampingan atau asistensi Penyelenggara Swakelola.

“Tim Persiapan Swakelola Tipe IV yang akan menyusun rencana kegiatan, jadwal pelaksanaan dan RAB. Kegiatan tersebut,”terang Maruli.

Untuk Tim pelaksana melaksanakan swakelola sesuai dengan jadwal dan tahapan pelaksanaan kegiatan berdasarkan Kontrak Swakelola yang telah disepakati. Semetara tim Pengawas melaksanakan tugas pengawasan administrasi, teknis, dan keuangan sejak persiapan, pelaksanaan dan penyerahan hasil pekerjaan.

Hadir dalam sosialisasi tersebut, Kabid Akutansi BKD,Tim teknis penysunan RAB Mesran Hadi PRKPP, dan Lurah se-Kabupaten Lahat.

(Aan LO)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT - Selasa, 16-April-2024 - 18:21

Polres Lahat Gelar Halal Bihalal

selengkapnya..

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

MULAK ULU - Minggu, 14-April-2024 - 09:00

PENOMENA MISTIS TEBAT BESAK LAWANG AGUNG

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater