INI MAKNA HARI PAHLAWAN DIMATA PETANI TUA MUARAPAYANG

Senin, 11-November-2019, 20:22


LAHAT ONLINE, MUARAPAYANG – Hari pahlawan dimata Karani (74), pria Lanjut Usia (Lansia) yang tinggal di Desa Muarapayang Kecamatan Muarapayang. Menurutnya yang lahir di tahun kemerdekaan RI 1945, hari pahlawan merupakan momen bersejarah yang harus di wariskan kepada anak cucu sampai kapanpun.

Karani mengaku, dia bukanlah siapa siapa saat masa perjuangan. Namun dia ingat, umurnya saat ini sama dengan umur kemerdekaan RI.

“Usia saya sekarang 74 tahun, sama seperti usia negara ini merdeka. Namun saya sudah renta sekarang, saya harap Indonesia, meski makin bertambah usia, tidak seperti saya. Kalau saya semakin tua, semakin lemah, Nusantara ini harus semakin kuat dan kokoh,” kata dia kepada Lahat Online, Senin (11/11).

Karani menuturkan, perjalanan hidupnya pun tidak selalu mulus sesuai dengan keinginan. Di usia 16 tahun, dia harus msrantau ke tanah Besemah, dari tempat asalnya di Kedurang Bengkulu Selatan.

“Awalnya saya merantau dari Kedurang ke Kota Pagaralam, waktu itu belum menjadi kota. Saya bekerja sebagai petani sehingga mempunyai jalan dalam bekerja di Desa Muarapayang ini, saya bekerja di kebun orang. Negara ini, khususnya Kabupaten Lahat, lebih spesifik desa tempat saya tinggal, sebagian besar pekerjaan masyarakat lnya petani. Sejak dahulu hingga sekarang, pertanian masih menjadi andalan. Saya rasa, petani juga pahlawan bangsa, mereka bekerja menyediakan pangan bagi banyak orang,” ujarnya.

Lanjut Karani, dia saat ini masih mengurus kebun kopi sebanyak 1000 batang. Baginya, bekerja di usia senja, adalah untuk menjaga tubuhnya agar terus bergerak dan senantiasa sehat.

“Para pahlawan dahulu mungkin tidak lagi berjuang melawan penjajah saat ini, atau bahkan mereka telah tiada karena usia. Namun, bagi saya, semangat petani harua terus ada. Saya ingin agar pahlawan pertanian terus tumbuh, menyediakan hasil bumi bagi banyak orang. Itulah yang saya bisa lakukan saat ini, agar anak cucu kita mau bertani, dan mengembangkan dunia pertanian semakin maju. Petani juga pahlawan,” pungkasnya. (rpw).

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT

LAHAT - Selasa, 16-April-2024 - 18:21

Polres Lahat Gelar Halal Bihalal

selengkapnya..

TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

MULAK ULU - Minggu, 14-April-2024 - 09:00

PENOMENA MISTIS TEBAT BESAK LAWANG AGUNG

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater