Keren !!! Anak – Anak di Desa Datar Balam Lestarikan Permainan Tradisional

Senin, 11-November-2019, 20:58


LAHAT ONLINE, DATAR BALAM – Permainan bedil bambu dapat ditemukan hampir di seluruh wilayah nusantara, termasuk di Provinsi Sumatera Selatan Kabupaten Lahat. Biasanya dilakukan oleh anak laki-laki pada rentang usia 9-15 tahun. Akan tetapi, tak jarang orang dewasa juga ikut meramaikan permainan ini. Seperti Pada hari ini di Desa Datar Balam Kecamatan Mulak Ulu terlihat anak – anak SD sedang membuat permainan bedil, Senin (11/11/19).

Peralatan yang digunakan dalam permainan ini adalah bedil bambu dan bilah bambu dan umpannya kertas yang sudah di basahi. Proses pembuatan bedil bambu dimulai dengan memilih bambu yang tua ( Sebesar Jempol orang Dewasa ) agar tidak mudah pecah. Kemudian panjang bambu dipotong berkisar 10 hingga 20 CM dengan diameter 1 hingga 2 CM.

Permainan bedil bambu memiliki sifat edukatif karena mengandung nilai kreativitas untuk menciptakan alat.

Seperti yang di utarakan Idlin Pelajar kelas IV SD Negeri 2 Mulak Ulu beralamat di desa Datar Balam saat di sambangi awak media bahwa permainan Bedil Bambu atau mereka menyebutkan nama permainannya letupan sangat menarik untuk permainan anak – anak seusia mereka, menurutnya permainan tardisional tersebut sangat asik untuk di mainkan bersama teman – temannya.

” Au pas balek sekulah tadi kami ngambek buluh ( bambu ) di lemabk dusun yang sebesar jempol, kemudian kami buat letupan ( bedil ). nah umpannye kertas yang la dibasahi ” Ujar Idlin menjelaskan dengan logat daerah Kabupaten Lahat.

Sama apa yang di sampaikan Indlin, Reza yang juga bersekolah di SDN 2 Mulak ulu menyebutkan nantinya apa bila permaninan bedil sudah di buat, maka mereka di bagi 2 hingga 3 kelompok dengan jumlah perkelompok 3 orang, setelah itu mereka bermain perang – perangan.

” Au kak lemak main letupan ni, seru – seruan ngak kance” Tambah Reza kemedia ini.

Mengingat zaman sekarang yang serba elektronik dan HP pintar sudah sepatutnya anak – anak ini di acungi jempol atas kreativitas mereka yang masih memainkan permainan tradisional. Sehingga anak – anak seusia mereka benar – benar merasakan indahnya Masa Kecil.

(Dias)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

PAJAR BULAN - Selasa, 23-April-2024 - 09:10

Puskes Pajar Bulan, Gelar Re – Akreditasi 

selengkapnya..

LAHAT - Selasa, 16-April-2024 - 18:21

Polres Lahat Gelar Halal Bihalal

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater