Di Hari Pahlawan, Ini Kata Amin Hamzah, Demisioner Ketua KAMMI Lahat

Minggu, 10-November-2019, 11:41


Lahat – Di hari atau momentum peringatan sebuah sejarah hari ini yaitu peringatan Hari Pahlawan 10 November Tahun 2019 yang bertema nasional “Aku Pahlawan Masa Kini”, Amin Hamzah, Demisioner Ketua Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Komisariat Seganti Setungguan Lahat menyampaikan kata-kata inspiratif tentang Hari Pahlawan. (Minggu, 10/11/2019)

Hari ini tepat pada tanggal 10 November Indonesia Memperingati hari Bersejarah, Hari Pahlawan. Hari yg dilatarbelakangi perjuangan arek-arek surabaya untuk mempertahankan kemerdekaan dipekikan dengan *takbir* yang gemakan bung tomo.

“Jangan sekali-sekali meninggalkan sejarah!!” begitu semboyan yg diucapkan Bung Karno (Soekarno), dalam pidatonya yang terakhir pada HUT RI 17 agustus 1966.

Perjuangan para syuhada/pahlawan di Negeri ini tidaklah Mudah. Meski dengan taruhan nyawa, keberadaan Indonesia tentu menjadi sebuah Harta Mahal sehingga harus dipertahankan, apapun tantangannya.

Sebelum memperingati hari pahlawan bertepatan tanggal 9 November 2019 juga memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad Saw. Tak perlu diperdebatkan, apakah peringatan itu sendiri muncul jauh setelah nabi Muhammad SAW. Tiada.

Lihat esensinya saja. Peringatan maulid nabi lebih diarahkan untuk mengingat ajaran nabi yg selalu berpegabg pada Al Quran, memperlajarinperilaku dan ucapan beliau sebagai tauladan.

Mengenang Pahlawan dan mengenang Rasulullah yg membawa ajaran Islam dan Rahmatan lil’alamiin. Betapa mulianya Nabi dalam bertutur kata dan bersikap kepada siapapun.

Memperjuangkan hak, meninggikan kaum hawa, berbuat baik kepada ummat lain. Perjuangan demi memperjuangkan untuk memuliakan umat manusia, dan bertawakal kepada Allah.

Begitupun para pahlawan yg berusaha merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Kita lihat dalam Pembukaan UUD 1945, bahwa Indonesia menyatakan kemerdekaan adalah hak bangsa manapun dan pasti atas rahmat Allah yang maha kuasa. Harus ada perjuangan untuk mewujudkannya. Dalam QS. Ar Ra’d : 11 : *”Allah tidak akan mengubah nasih suatu kaum hingga mereka mengubah diri mereka sendiri”. Jauh sebelum itu pesan ini telah dibawahkan oleh baginda Rasulullah Saw.

Maka dari itu Pemuda Adalah aset perjuangan Bangsa ini. Pemuda harus menjadi “social control” sebagai pewaris perjuangan para pahlawan kita. Maka mulai saat ini *Ambillah Peran itu!!!*

Amin Hamzah
Lahat, 10 November 2019

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT

LAHAT - Selasa, 16-April-2024 - 18:21

Polres Lahat Gelar Halal Bihalal

selengkapnya..

TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

MULAK ULU - Minggu, 14-April-2024 - 09:00

PENOMENA MISTIS TEBAT BESAK LAWANG AGUNG

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater