PT. Bara Alam Utama Gelar Sosialisasi FGD Program PPM-CSR Area Merapi Barat

Kamis, 7-November-2019, 23:59


Merapi – PT Bara Alam Utama (PT BAU) berkomitmen untuk melakukan terobosan baru, dalam rangka memandirikan serta mensejahterakan masyarakat melalui program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) – CSR di wilayah sekitar tambang.

Ada 8 program PPM -CSR PT Bara Alam Utama, yakni terdiri dari Pendidikan, Kesehatan, Tingkat Pendapatan Riil, Kamandirian Ekonomi, Sosial Budaya, Pemantauan Lingkungan, Lembaga Masyarakat, dan Pembangunan Infrastruktur.

Point utama dari PT. Bara Alam Utama yaitu memprioritaskan atau menitikberatkan pada pilar / program Kemandirian Ekonomi. Akan tetapi 7 pilar atau 7 program tetap akan dilakukan oleh PT. Bara Alam Utama secara konsisten dan berkesinambungan.

“Bahwa program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat (PPM) – CSR suatu keharusan bagi perusahaan tambang secara Nasional dan khususnya di Kabupaten Lahat, PT. Bara Alam Utama merupakan perusahaan pertambangan yang pertama di Kabupaten Lahat yang secara terbuka melakukan kegiatan sosialisasi rencana strategis Pengembangan & Pemberdayaan Masyarakat – CSR PT.Bara Alam Utama kepada para stakeholder atau pemangku kepentingan. Program PPM dan CSR sendiri merupakan amanah ketentuan regulasi dari : UU No 4 Tahun 2009, PP No 23 Tahun 2010, Per Men ESDM No 11, 25 & 26 Tahun 2018, PT. Bara Alam Utama secara konsisten dan berkesinambungan akan melakukan, mensukseskan dan mendukung Kegiatan pengembangan dan pemberdayaan masyarakat (PPM) – CSR ” jelas Sect. Head Humas dan Legal PT Bara Alam Utama, Haerunsyah Putra,S.H dalam pelaksanaan kegiatan sosialisasi (Focus Group Discussion) Program PPM- CSR PT. Bara Alam Utama Tahun 2020-2025, bertempat di kantor Kecamatan Merapi Barat. Kamis (7/11)

Dikatakan Camat Merapi Barat, Eti Listina SP MM, dengan adanya 8 program PPM dari PT. Bara Alam Utama, secara langsung desa dapat terbantu dan terfasilitasi secara konsisten dan berkesinambungan dalam program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat ( PPM-CSR ).

“Yang paling penting BumDes desa-desa harus berjalan. Jadi dalam 8 Program PPM ditegaskan juga jangan sampai tumpang tindih dengan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD),” jelasnya.

Sementara Kepala Bappeda Kabupaten Lahat melalui Kepala Bidang Perekonomian dan SDA Bappeda Lahat, Ibu Febri Ariani menyampaikan apresiasi penuh dan positive kepada perusahaan PT.Bara Alam Utama yang melaksanakan kegiatan sosialisasi 8 pilar / program PPM- CSR.

“Dari 18 perusahaan tambang, PT Bara Alam Utama lah yang telah menyampaikan/mensosialisasikan 8 pilar / program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) – CSR. Jadi silahkan usulkan, yang bermanfaat untuk masyarakat,” jelasnya.

Narasumber PPM=CSR PT Bara Alam Utama lainnya, Harry Hadi Saputra mengatakan, bahwa pada dasarnya pemerintah meminta seluruh perusahaan tambang untuk membuat program PPM- CSR.

“Perusahaan diminta untuk membuat program yang langsung menyentuh kemandirian masyarakat, serta bisa meningkatkan penghasilan masyarakat, yang sejalan dengan program pemerintah daerah,” ungkapnya.

Disampaikannya juga , bahwa rencana program strategis PT BAU meliputi, 1) Pembangunan Komplek pusat kesehatan masyarakat tipe rawat inap, Rumah tahfidz serta Taman Kanak Kanan (TK). 2) Sentra UMKM. 3) Rehabilitasi Pasar Tradisional. 4) Instalansi Air Bersih, dan 5) Desa tematik.

“Untuk Desa tematik, setiap desa punya tema sendiri misalkan Desa Industri Rumahan, Wisata, Jasa, peternakan ayam/itik, dan UMKM. Jadi lima tahun kedepan (2025) punya hasil,” ungkapnya.

Pada kegiatan sosialisasi ( Focus Group Dscussion _ Program PPM-CSR PT. Bara Alam Utama Tahun 2020-2025, Kepala Desa Merapi, Tanjung Baru, Negeri Agung, Lebak Budi, Muara Maung, Gunung Agung, Tanjung Pinang, dan Suka Marga menyampaikan beberapa usulan kepada perusahaan terkait program PPM- CSR PT. Bara Alam Utama tersebut.

(AKUN)

Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

KIKIM BARAT - Rabu, 20-November-2019 - 19:50

SAWAH KERING MASYARAKAT BANYAK MENGANGGUR

selengkapnya..

MUARA PAYANG - Rabu, 20-November-2019 - 19:49

PKM MUARAPAYANG TUTUP PENILAIAN AKREDITASI

selengkapnya..

LAHAT DALAM POTRET

KOTA AGUNG - Rabu, 20-November-2019 - 08:59

Korban Banjir, Rumah Warga di Penuhi Koral

selengkapnya..

KIKIM SELATAN - Selasa, 19-November-2019 - 20:01

JEMUR KOPI DI JALAN SUDAH TRADISI

selengkapnya..

PAGAR GUNUNG - Selasa, 19-November-2019 - 19:27

Pagar Gunung Masuki Musim Panen

selengkapnya..

MUARA PAYANG - Selasa, 19-November-2019 - 17:24

MUSDES TALANGTINGGI RENCANAKAN DANA DESA TAHUN 2020

selengkapnya..

KIKIM TIMUR - Selasa, 19-November-2019 - 15:38

Desa Cecar Bangun Kalangan Dengan Dana Desa

selengkapnya..

KIKIM SELATAN - Senin, 18-November-2019 - 20:25

WARGA PAGAR JATI KEMBALI TURUN KESAWAH

selengkapnya..

KIKIM BARAT - Senin, 18-November-2019 - 20:20

MAKSIMALKAN PELAYANAN TERHADAP MASYARAKAT

selengkapnya..

PAJAR BULAN - Senin, 18-November-2019 - 20:18

MUSDES KOTARAYA DARAT SERAP ASPIRASI WARGA

selengkapnya..

LAHAT - Senin, 18-November-2019 - 19:37

Kalangan Desa Sukoharjo direhab

selengkapnya..

MUARA PAYANG - Senin, 18-November-2019 - 19:25

PKM MUARAPAYANG MULAI DINILAI AKREDITASI

selengkapnya..

Jumlah Pengunjung

dgGEREg

Investigasi

Berita Sebelumnya

PanCe

Siape & Tuape

Jajak Pendapat

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater