LAGI, 10 RIBU BATANG KOPI HANGUS DI LAHAP API

Api diduga ulah orang tidak bertanggung jawab

Kamis, 24-Oktober-2019, 21:41


LAHAT ONLINE, TALANGPADANG TINGGI – Lagi, kebun warga di Desa Talangpadang Tinggi Kecamatan Pajarbulan hangus terbakar. Kali ini, kebun milik Pirly dan beberapa petani lainnya, hangus dilahap api. Kebun kopi produktif yang dilahap api diprediksi mencapai 10 ribu batang lebih.

Menurut Pirly, sebelumnya kebun kopi miliknya itu, hampir dilahap api. Karena api masih menjalar di rumput tepi kebun.

“Ini ulah orang yang tidqk bertqnggung jawab. Sebelumnya api memang sudah menjalar, namun masih ditepi kebun. Yang terbakar bagian belukar saja. Namun kali ini, api sudah membakar batang kopi milik saya sebanyak 4500 batang, dan 6000 batang milik petani disebelah kebun saya,” kata dia, Kamis (24/10).

Lanjut dia, karena merasa kebakaran terjadi sampai merugikan dan apinya besar, maka dia memanggil mobil pemadam kebakaran untuk membantu memadamkan api.

“Sebagian besar, batang kopi sudah hangus, daunnya hangus. Kerugian akibat kebakaran ini, akan berdampak pada musim panen kopi, dan merugikan puluhan juta rupiah. Saya meminta bantuan kepada Damkar Jarai, sehingga menurunkan satu unit Damkar untuk memadamkan api,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Pajarbulan Sarmisi SE menuturkan, pihaknya mengimbau agar berhenti membakar lahan, karena dapat membahayalan tanaman kopi. Terlebih, tindakan membakar lahan merupakan hal yang dilarang hukum.

“Kan sudah ada undang undannya, bisa kena pidana bagi pembakar lahan. Ini menjadi pelajaran, karena membakar lahan itu berbahaya. Buktinya, lahan orang lain, juga terkena dampak, menyebabkan lahan yang ada tanaman kopi ikut terbakar, dan ini jelas merugikan,” tutur dia. (rpw).

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN

LAHAT - Selasa, 16-April-2024 - 18:21

Polres Lahat Gelar Halal Bihalal

selengkapnya..

KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

MULAK ULU - Minggu, 14-April-2024 - 09:00

PENOMENA MISTIS TEBAT BESAK LAWANG AGUNG

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater