Foto Ijazah Berhijab, Mahasiswi STIE Serelo Lahat Harus Buat Surat Pernyataan

Seolah Olah Foto Berhijab di Larang

Selasa, 22-Oktober-2019, 23:44


LAHAT ONLINE, LAHAT – Mahasiswa akhir STIE Serelo Lahat, khususnya yang kaum hawa yang berhijab menghadapi dilema, karena bagi mereka yang berhijab diharuskan membuat surat pernyataan memakai jilbab untuk foto ijazah.

Syarat tersebut tentu membingungkan, karena seperti yang kita ketahui, bahwa berhijab merupakan wajib di laksanakan bagi umat muslim perempuan dalam menutup aurat. Namun pihak STIE malah menganjurkan mahasiswinya menggunakan konde untuk foto ijazah dan mengabaikan kaidah islam.

Salah satu mahasiswi STIE tingkat akhir, yang enggan disebutkan namanya mengaku tetap akan menggunakan hijab, meski pun harus membuat surat pernyataan memakai jilbab dengan materai enam ribu.

“Kami tetap pada pendirian kami, karena kami percaya, tidak ada sangkut pautnya foto ijazah berjilbab dengan masa depan kami nantinya. Lebih baik kami hidup apa adanya dari pada menggadaikan ajaran agama kami, bahwa menutup aurat itu hukumnya wajib,” ujarnya.

Ada pun isi dari surat pernyataan memakai jilbab tersebut mengatakan bahwa mahasiswi yang foto ijazahnya berhijab agar dapat menerima resiko apa pun dan tidak menuntut pihak STIE jika di kemudian hari terdapat hal hal yang tidak di inginkan.

Saat di konfirmasi mengenai hal ini, pimpinan STIE Serelo Lahat sedang Dinas Luar (DL) dan pihak STIE mengatakan bahwa melepas jilbab saat foto ijazah bertujuan agar kelihatan telinganya dan mengklaim seluruh kampus juga memberlakukan hal tersebut.

Namun hal tersebut di bantah langsung oleh Anissa, mahasiswa jurusan Ekonomi jebolan Universitas Padjajaran (Unpad) dan Lia, mahasiwa jurusan Ekonomi alumni Universitas Indonesia (UI) serta mahasiswi dari kampus terkemuka lainnya. Melalui pesan singkat via WA, mereka berdua mengaku tidak ada aturan tersebut di kampusnya.

Meski pun ada juga mahasiswi Unsri Faklutas Ekonomi dan USU yang mengatakan bahwa hal serupa juga terjadi di kampusnya. Namun menggunakan hijab dan tidak untuk foto ijazah tidak ada sangkut pautnya, apalagi mengancam masa depan mereka, seperti sulit mendapatkan pekerjaan dan lain sebagainya. (Ir22)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

PAJAR BULAN - Selasa, 23-April-2024 - 09:10

Puskes Pajar Bulan, Gelar Re – Akreditasi 

selengkapnya..

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

LAHAT - Selasa, 16-April-2024 - 18:21

Polres Lahat Gelar Halal Bihalal

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater