SERIBU BATANG KOPI WARGA IKUT TERBAKAR

Diduga sengaja dibakar, kebun di sekitar Tebat Besak

Selasa, 22-Oktober-2019, 19:11


LAHAT ONLINE, TALANGPADANG TINGGI – Kebakaran lahan terjadi di Desa Talangpadang Tinggi Kecamatan Pajarbulan, tepatnya di dekat Tebat Besak. Kebakaran tersebur diduga di akibatkan oknum orang, yang sengaja membakar lahan gambut, karena kondisi Tebat Besak yang kering.

Menurut Pirly, salah seorang warga yang lahan kebunnya ikut dimakan api, api sudah menjalar ke kebun miliknya, dan beberapa warga lainnya.

“Saya mendapat telpon sekitar pukul 10:00 WIB, mengabarkan bahwa lahan kebun kopi milik saya dan beberapa warga lainnya mulai disulut api. Mendengar kabar itu, saya dan warga yang lahanya dikabarkan terbakar, langsung menuju lokasi,” kata dia, Selasa (22/10).

Lanjut dia, lahan yang terbakar diperkirakan seluas 6 hektar. Rata rata masih bagian belukar yang terbakar. Nanun ada satu lahan warga yang pohon kopinya telah terkabar api.

“Api dengan cepat menjalar. Karena kami tidak cukup alat, jadi dipadamkan secara manual. Karena air susah, kami membuat jarak agar jalan api tidak menjalar lebih jauh lagi. Alhamdulillah, api berhasil dipadamkan, namun memakan waktu lama, karena menjelang magrib api baru bisa dikendalikan,” ungkapnya.

Sementara itu, Wanhar mengaku, bahwa lahan miliknya telah terkena api. Bahkan api membakar pohon kopi miliknya sebanyak lebih kurang seribu batang.

“Dari semua lahan yang terbakar, lahan milik saya yang sudah merugikan. Sebab seribu batang kopi tua, kopi yang selama ini selalu panen, ikut terbakar,” ujarnya.

Dia berharap, agar para pelaku dugaan pembakar lahan, segera sadar, agar tidak ada lagi korban lahan terbakar.

“Saat ini sangat rawan. Kami menduga, api ini berasal dari orang yang membakar di lahan gambut, Tebat Besak yang saat ini kering akibat kemarau. Namun, kemarau dan angin, bisa saja membawa api menjalar, hingga ke kebun warga, apalagi rumput dalam kondisi kering, sehingga dengan mudah dimakan api,” pungkasnya. (rpw).

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

PAJAR BULAN - Selasa, 23-April-2024 - 09:10

Puskes Pajar Bulan, Gelar Re – Akreditasi 

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater